Apa Fungsi Garis Tonjolan Pada Huruf F dan J Keyboard Laptop dan Komputer?

0

Fungsi Tanda Pada Huruf F dan J Keyboard

Saking seringnya mengetik di komputer, sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa pada keyboard laptop atau komputer yang sering digunakan terdapat garis kecil horizontal yang menonjol pada bagian huruf F dan J. Bagi yang belum mengetahuinya tentu hal ini membuat penasaran dan menimbulkan pertanyaan. Mengapa hanya pada huruf F dan J saja? Apa fungsi tanda tersebut?

Baca: Inilah Kelebihan Keyboard dan Mouse Wireless

Kebanyakan menganggap bahwa garis horizontal yang menonjol pada keyboard huruf F dan J, merupakan tanda biasa saja yang tidak mempunyai fungsi dan kegunaan apapun. Padahal tidak demikian, tanda pada kedua huruf tersebut merupakan tanda yang ditunjukkan guna membantu pengguna dalam mengawali proses pengetikan.

Munculnya tanda pada huruf F dan J laptop atau komputer berawal dari seorang ilmuwan yaitu Frank Edward McGurrin pada tahun 1888. Pada waktu itu, ia menemukan sebuah metode yang diberi nama touch typing. Metode touch typing adalah metode mengenai cara mengetik tanpa melihat tombol pada keyboard komputer atau laptop, tujuannya untuk lebih memudahkan dalam proses pengetikan. Pada metode tersebut, pengetikan dilakukan dengan menggunakan 10 jari, yaitu meletakkan jari-jari tangan kanan pada huruf J – K – L – ; dan Jari-jari tangan kiri pada huruf A – S – D – F. Sedangkan untuk kedua jempol, diletakkan pada tombol space bar.

Tanda atau tonjolan pada huruf F dan J bisa membantu meningkatkan kemampuan pengguna dalam pengetikan. Tonjolan pada kedua huruf tersebut untuk mengidentifikasi tombol-tombol keyboard tanpa mesti melihat letaknya.

pada tahun 2002, June E. Botich dari Naples, Florida mematenkan serta memodifikasi tanda di huruf  F dan J guna membantu para pengetik sehingga dapat meningkatkan kemampuan dari metode pengetikan itu sendiri. Sejak itu, pemberian tanda pada kedua huruf tersebut sampai sekarang menjadi standar keyboard komputer dan laptop.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar