Seberapa Penting Alat Pelindung Diri dalam Laboratorium?

0
Alat Pelindung Diri dalam Laboratorium
Alat Pelindung Diri dalam Laboratorium

Laboratorium adalah tempat yang mempunyai hubungan erat dengan peneliti. Di laboratorium, para peneliti melakukan begitu banyak penelitian serta menghasilkan atau menguji sesuatu.

Baca: Perhatikan Larangan Ini Untuk Keselamatan Kerja di Laboratorium

Terdapat berapa peraturan yang harus dilakukan apabila berada di dalam laboratorium guna keselamatan bersama. Salah satunya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Penggunaan APD di dalam laboratorium sangat penting, sebab di dalam lab terdapat begitu banyak bahan kimia yang mana banyak hal yang dapat terjadi seperti tumpah, salah mereaksikan, terciprat dan lainnya. Bahan kimia sendiri sangat berbahaya walaupun hanya mengenai kulit saja. Sehingga penggunaan Alat Pelindung Diri sangat penting dilakukan. Adapun Alat Pelindung Diri di dalam laboratorium sebagai berikut.

Alat Pelindung Diri dalam Laboratorium

Kacamata Safety

Penggunaan kacamata di dalam laboratorium untuk melindungi mata dari bermacam risiko paparan bahan yang bisa mengakibatkan kebutaan. Kacamata yang digunakan di lab berbeda dengan kacamata biasa. Kacamata lab mempunyai resistensi atau ketahanan terhadap guncangan serta bagian pinggirnya lebih tertutup.

Masker

Di dalam laboratorium, terdapat dua macam bahaya dari bahan kimia yaitu terhirup dan tertelan. Dari dua bahaya tersebut, risiko yang paling tinggi adalah terhirup. Sehingga, bagi siapa saja yang berada di dalam lab perlu menggunakan masker. Masker sendiri tersedia dalam bermacam jenis, mulai dari masker kain yang sederhana hingga masker yang menyatu dengan perisai muka serta kacamata. Penggunaannya tergantung dari risiko yang dihadapi.

Pakaian Pelindung

Apabila di dapur memakai celemek, maka di lab memakai jas lab. Pakaian pelindung jas laboratorium di rancang dengan model yang memanjang agak sedikit ke bawah. Jas lab ini melindungi tubuh dari risiko terciprat atau terkena bahan kimia yang mana sangat berbahaya jika mengenai tubuh walaupun itu hanya sedikit.

Sarung Tangan Safety

Di dalam laboratorium, pekerja mengaduk, memindahkan, dan mengambil bahan kimia yang mana sangat berbahaya apabila terkena kulit walaupun itu hanya setetes saja. Misalnya asam kuat, apabila terkena kulit maka akan melepuh, terasa panas serta perih. Untuk mengatasi itu semua, di perlukan sarung tangan khusus.

Sepatu Safety

Berada di dalam laboratorium wajib mengenakan sepatu. Sepatu yang digunakan haruslah sepatu Safety yang mana terbuat dari bahan khusus yang tahan terhadap bahan kimia berbahaya.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar