promo hari ini

4 Tips Memilih Ban Mobil yang Cocok untuk Digunakan

0
4 Tips Memilih Ban Mobil yang Cocok untuk Digunakan
4 Tips Memilih Ban Mobil yang Cocok untuk Digunakan

Ban merupakan komponen kendaraan yang sangat vital, apabila tidak dirawat ataupun sudah tidak layak pakai maka akan berisiko mengancam keselamatan bagi pengendara itu sendiri dan orang lain. Maka dari itu ban harus dirawat dan apabila sudah tidak layak pakai mesti diganti dengan ban baru.

Namun dalam mengganti ban, khususnya ban mobil, para pemilik kendaraan kerap dibingungkan terhadap pilihan ban mana yang tepat untuk digunakan untuk mobilnya. Memasang ban yang tak sesuai tentu akan mendatangkan kerugian besar bagi penggunanya. Selain itu, memasang ban yang tidak sesuai bisa merusak komponen mobil dan umur pakai ban tersebut menjadi lebih pendek dari biasanya.

Ban mobil sendiri tersedia dalam bermacam jenis, ukuran dan merek. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Harga ban mobil pun sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan ribu rupiah.

Dalam memilih ban mobil, tidak bisa sembarang pilih. Terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan guna memperoleh ban yang tepat untuk kendaraan roda empat Anda. Nah berikut ini 5 tips yang mesti diperhatikan dalam memilih ban mobil.

4 Tips Memilih Ban Mobil

1. Tipe Ban dan Ukuran

Tipe ban mobil yang sesuai untuk digunakan biasanya tertera pada plakat di pintu ataupun laci mobil di belakang tutup tangki bahan bakar ataupun pada petunjuk penggunaan.

Misalnya, ban dengan kode P195/55/R15 84V. Kode huruf “P” adalah Passenger yang menunjukkan bahwa ban tersebut di rancang untuk mobil penumpang. Tidak hanya itu saja, ada pula kode LT (Light Truck), ST (special trailer) atau T yang berarti ban Temporary atau ban serep. Untuk huruf “R” menunjukkan bahwa jenis ban Radial. Dalam memilih ban mobil, harus diperhatikan pula ukurannya, jangan menggunakan atau memilih ban mobil yang mana ukurannya lebih besar ataupun lebih kecil dari Velg sebab ban tidak bisa terpasang. Ukuran ban sendiri bisa diketahui dengan cara melihat angka yang tertera setelah huruf R.

2. Lebar Ban

Dalam memilih ban mobil perhatikan pula lebarnya. Semakin lebar ban tersebut, maka daya cengkeramannya semakin kuat, begitu pula dengan sebaliknya. Namun ban yang lebar akan mempengaruhi akselerasi.

3. Pola Tapak Ban

Tidak hanya lebar ban saja yang bisa mempengaruhi daya cengkeram dan akselerasi, namun pola tapaknya pun demikian. Apabila kita tinggal di daerah dengan curah hujan yang cukup tinggi, maka sebaiknya gunakan ban dengan pola V. Sebab mampu memberi daya cengkeraman yang sangat baik sewaktu melintasi genangan.

4. Ketebalan Ban

Menggunakan ban dengan ketebalan tipis memang terlihat lebih keren, namun menggunakan ban dengan ketebalan tipis ternyata mempunyai kekurangan.  Ban akan cepat rusak ketika melintasi jalanan yang jelek, selain itu Velg pun akan cepat rusak.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.