6 Jenis Pondasi Bangunan yang Perlu Anda Ketahui Beserta Material yang Cocok untuk Digunakan

Pondasi adalah salah satu elemen paling penting pada bangunan. Karena pondasi merupakan yang pertama kali dibentuk sebelum...

0

Pondasi adalah salah satu elemen paling penting pada bangunan. Karena pondasi merupakan yang pertama kali dibentuk sebelum elemen lain-lain terbentuk. Ketahanan suatu bangunan juga tergantung pada pondasi yang dibangun. Pondasi berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur atas ke bagian tanah dasar.

Pondasi yang digunakan juga sangat beragam tergantung jenis bangunannya. Untuk bangunan bertingkat biasanya menggunakan pondasi dalam. Sedangkan untuk bangunan yang sederhana biasanya menggunakan pondasi dangkal.

Sebelum membuat pondasi biasanya dilakukan survei untuk mengukur struktur tanah. Setelah itu barulah bisa menentukan jenis pondasi yang sesuai dengan struktur tanah itu sendiri. Berikut dua jenis pondasi yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat bangunan.

1. Pondasi Dalam

Pondasi dalam adalah pondasi yang didirikan di permukaan tanah dengan kedalaman tertentu dimana daya dukung dasar pondasi dipengaruhi oleh beban struktural dan kondisi permukaan tanah. Pondasi dalam juga biasanya dipasang pada kedalaman lebih dari 3 meter dibawah elevasi permukaan tanah. Pondasi Dalam juga memiliki banyak jenisnya, seperti:

  • Pondasi Tiang Pancang

        Jenis pondasi ini menggunakan beton sebagai bahan dasarnya yang kemudian ditancapkan langsung  ke tanah menggunakan mesin pemancang.

  • Pondasi Piers (Dinding Diafragma)

        Pondasi piers adalah pondasi untuk meneruskan beban berat struktural yang dibuat dengan cara melakukan penggalian dalam, kemudian struktur pondasi pier dipasangkan kedalam galian tersebut

  • Pondasi Caissons (Bor Pile)

        Pondasi bor pile dibangun di dalam permukaan tanah. Pondasi ini biasanya ditempatkan sampai kedalaman yang dibutuhkan dengan cara membuat lobang. Biasanya menggunakan sistem pengeboran atau pengerukan tanah.

2. Pondasi Dangkal

Pondasi Dangkal ini biasanya dibuat dekat dengan permukaan tanah. umumnya  kedalaman pondasi didirikan  kurang 1/3 dari lebar pondasi sampai dengan kedalaman kurang dari 3 m. Pondasi ini juga memiliki banyak jenis, seperti:

  • Pondasi Tapak

         Pondasi ini biasanya digunakan untuk mendukung titik individual. Pondasi ini dapat dibuat seperti bentuk lingkaran, persegi, ataupun persegi panjang. Pondasi ini biasanya terdiri dari lapisan beton yang seragam.

  • Pondasi Jalur atau Pondasi Memanjang

        Jenis pondasi ini biasanya digunakan untuk mendukung beban yang memanjang atau beban garis. Pondasi ini biasanya dibuat untuk pondasi dinding yang dapat dibuat berbentuk persegi, persegi panjang ataupun trapesium.

  • Pondasi Raft

         Pondasi ini biasanya digunakan untuk menyebarkan beban dari struktur atas area yang luas. Pondasi ini sering digunakan di tanah yang lunak dan atau longgar dengan kapasitas daya tahan rendah.

Setelah Anda menentukan pondasi yang sesuai dengan struktur tanah, sekarang Anda perlu memperhatikan material apa saja yang cocok untuk membangun pondasi bangunan Anda agar bisa kokoh dan tahan lama. Setiap jenis pondasi memiliki material yang berbeda. Nah sebenernya apa saja sih material untuk membangun pondasi? Berikut bahan material untuk membangun pondasi bangunan Anda.

  • Semen

         Semen merupakan salah satu material yang paling penting digunakan untuk membuat pondasi agar menjadi kuat dan kokoh. Pemilihan semen yang berkualitas juga sangat penting agar pondasi yang sudah dibangun bisa tahan lama.

  • Pasir

         Material ini biasanya digunakan sebagai material pencampur dengan semen agar material yang dihasilkan bisa lebih kokoh dan kuat.

  • Batu

          Batu juga sangat berperan dalam pencampuran material untuk membuat pondasi yang kuat dan kokoh. Ada beberapa jenis batu yang biasanya digunakan untuk membuat pondasi yaitu batu kali, batu krikil, batu cadas, dan lain-lain.

Bagaimana sekarang sudah jadi lebih tahu kan jenis-jenis pondasi yang cocok untuk bangunan Anda dan juga material apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya. Pilihlah material yang berkualitas dan terjamin agar umur bangunan Anda bisa tahan lama.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.