Kapankah Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan Yang Tepat?

0

penggunaan alat pemadam api ringan apar

Pemadam racun api atau lebih dikenal dengan sebutan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ataupun fire extinguisher. Tentunya anda sudah sering melihat alat pemadam ini, biasanya alat pemadam ini ditempatkan di dinding gedung perkantoran, hotel, rumah sakit maupun fasilitas umum yang lainnya. Bentuk alat ini seperti tabung dan biasanya berwarna merah.

Penggunaan alat pemadam api ini tidak boleh sembarang pakai, mesti melihat situasi serta waktu yang tepat. Lantas, kondisi kebakaran yang seperti apa alat pemadam api ini dipergunakan ?

Baca Juga :  Bingung Cara Menggunakan Bidet? Ini Caranya!

berikut ini ada 5 situasi di mana alat pemadam ini digunakan.

  • Api belum membesar dan berada di dalam ruangan kecil

Alat pemadam api ringan ini dapat dipergunakan apabila kebakaran yang terjadi masih tergolong dalam taraf Cecil serta api masih dapat dikendalikan. Apabila api sudah mulai membesar serta di luar kendali, maka menggunakan alat pemadam api ringan saja tidak cukup.

  • Mengetahui cara menggunakan alat pemadam api

Tentunya sudah jelas, untuk menggunakan alat ini mesti tahu cara pakainya, apabila tidak mengetahui cara pakainya bisa membahayakan diri. Tanyakanlah kepada vendor anda mengenai cara basic penggunaan alat pemadam api ringan tersebut.
Sudah jelas, jika tidak tahu cara pemakaiannya, malah bisa membahayakan diri Anda sendiri. Tanyakan kepada vendor Anda cara basic pemakaian alat pemadam api tersebut.

  • Penghuni bangunan telah dievakuasi

Pastikan bahwa semua orang yang berada di dalam ruangan ataupun bangunan tersebut sudah berhasil dievakuasi, guna menjaga kemungkinan terjadinya api yang kian membesar.

  • Telah menghubungi pemadam kebakaran

Apabila terjadi kebakaran, dan tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan alat pemadam api ringan sebaiknya jangan mencoba untuk berusaha memadamkan api sendiri, dengan asumsi apabila api membesar baru akan memanggil pemadam kebakaran. Pastinya hal tersebut akan terlambat, pastikan petugas pemadam kebakaran sudah dihubungi sebelum mencoba memadamkan api sendiri menggunakan alat pemadam api.

  • Ruangan belum dipenuhi dengan asap

Ruangan yang sudah telanjur banyak asap bisa membahayakan keselamatan jiwa. Maka dari itu, padamkanlah api dengan menggunakan alat pemadam api apabila asap belum memenuhi ruangan.

Kelima tips tersebut merupakan tips dari Underwriters Laboratories Inc. (UL), yang merupakan organisasi non-profit yang bergerak di sektor pengujian produk-produk keamanan serta sertifikasi.

Editor : Angga

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar