promo hari ini

Langkah Mudah Menanggulangi Karat

0
Langkah Mudah Menanggulangi Karat
Image: 123rf.com

Langkah Mudah Menanggulangi Karat – Karat termasuk salah satu musuh utama terhadap benda berbahan logam terutama besi, sebab dapat mengurangi kekuatan dari kualitas besi serta dapat membuat besi cepat lapuk. Secara harfiahnya karat merupakan suatu perubahan ilmiah pada besi yang bersifat mengikis permukaan logam.

Munculnya karat di kendaraan merupakan masalah serius yang mesti di waspadai. Mulanya, karat hanya muncul berupa titik, namun jika dibiarkan maka akan membesar dan bagian yang terkena karat tersebut akan keropos. Hal ini mengindikasikan bahwa karat dapat mengurangi kekuatan yang dimiliki oleh setiap logam.

Terjadinya karat banyak diakibatkan karena kesalahan pemilik dalam melakukan perawatan, semisal sewaktu mencuci kendaraan masih terdapat air sehingga air tersebut mengendap terlalu lama, dan dapat disebabkan karena kendaraan terlalu lama terkena air hujan dan tidak segera dibersihkan.  Air hujan bisa menyebabkan karat karena di dalam air hujan terkandung unsur asam. Unsur asam tersebut bersifat korosif terhadap logam terutama besi.

Lantas bagaimana cara menghilangkan karat ? Berikut ulasannya.

Cara Menghilangkan Karat

1. Segera tutup luka di bodi mobil.
Jika terdapat goresan hingga cat terkelupas pada bodi kendaraan, maka segeralah tutup goresan tersebut dengan menggunakan cat khusus. Sebelum menutup dengan cat khusus, bersihkanlah terlebih dahulu dengan menggunakan bensin maupun dengan spiritus supaya bakteri karat tidak berkembang baik di bawah permukaan cat khusus.

2. Segera cuci mobil setelah kehujanan.
Langkah lainnya untuk menangkal karat ialah cuci kendaraan setelah kendaraan terbujur hujan. Gunakanlah sampo khusus dengan tingkat pH yang rendah. Walaupun kendaraan terkena air hujan hanya sebentar saja, namun air hujan bisa menyebabkan karat dengan cepat.

3. Gunakan pelindung karat.
Setiap kendaraan sudah dilapisi anti karat dari pabrik pembuatnya, akan tetapi daya tahan dari antikarat tersebut tidak kuat. Untuk menghilangkan karat pada kendaraan, Anda bisa menggunakan cairan antikarat.

Sebaiknya Anda menggunakan mesin water spray bertekanan agar titik karat tidak melebar ke bagian lain. Dalam hal ini kualitas Anda dalam membersihkan kendaraan merupakan hal terpenting dalam menanggulangi datangnya karat pada kendaraan Anda.

Jika mobilitas kendaraan Anda lebih banyak menggunakan jalanan dalam kota, kami merekomendasikan Anda untuk mencuci kendaraan Anda minimal tiga kali sehari, akan tetapi jika mobilitas kendaraan Anda lebih banyak menggunakan jalan berbatu atau berlumpur kami merekomendasikan untuk segera mencuci kendaraan Anda setelah beroperasi demi mengurangi resiko datangnya karat.
Dengan begitu kendaraan Anda akan selangkah lebih jauh dari ancaman karat.

Jadi, jangan tunggu karat datang di kendaraan Anda!

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.