Lindungi Nyawa Anda Dengan Menggunakan Regulator Berkualitas dan Tepat

0
Lindungi Nyawa Anda Dengan Menggunakan Regulator Berkualitas dan Tepat
Image: id.priceaz.com

Pernahkah Anda mendengar berita ledakan tabung gas yang memakan korban jiwa? Meledaknya tabung gas, biasanya terjadi akibat kebocoran gas yang tidak disadari. Kebocoran gas bisa disebabkan karena rendahnya kualitas tabung, regulator serta asesoris lainnya. Namun kasus kebakaran yang terjadi akibat kebocoran gas kebanyakan karena penggunaan regulator yang tidak berkualitas. Fungsi dari regulator sendiri yaitu untuk menyalurkan gas dari tabung menuju kompor gas, area tersebutlah yang sering timbul kebocoran.

Untuk mengurangi risiko kebocoran gas, sebaiknya gunakanlah komponen dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Janganlah mudah tergiur hanya karena harga yang murah. Mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli produk asli namun aman digunakan tidak akan sia-sia, daripada membeli produk murah namun nyawa taruhannya.

Regulator berkualitas ditentukan dari kemampuannya dalam menyalurkan serta mengatur tekanan aliran gas supaya stabil. Regulator berkualitas baik terbuat dari bahan kuningan yang sangat kuat, tahan lama, serta anti karat.

Untuk meminimalkan ledakan akibat kebocoran gas tidak hanya menggunakan regulator berkualitas saja, namun penggunaan regulator pun harus dengan benar.

Sebelum menghidupkan kompor gas, sebaiknya pastikan regulator sudah terpasang dengan sempurna. Pemasangan regulator yang tidak sempurna bisa menyebabkan terjadinya ledakan tabung gas. Apabila terdengar bunyi mendesis ataupun tercium bau gas, menandakan bahwa regulator belum terpasang sempurna. Perbaikilah posisi regulator terlebih dahulu hingga terpasang sempurna.

Jangan memasang regulator secara paksa pada mulut tabung gas, sebab regulator bisa berakibat rusak yang akan berpotensi kebocoran gas.

Apabila regulator sudah kendur atau tidak terikat dengan sempurna sebaiknya jangan digunakan. Gantilah dengan regulator baru. Umumnya daya tahan regulator mencapai dua tahun. Akan tetapi, apabila belum mencapai dua tahun namun regulator sudah kendur, sebaiknya diganti dengan regulator baru, jangan menunggu hingga kurun waktu dua tahun.

Pastikan regulator terpasang disertai cincin karet. Cincin karet tersebut fungsinya sebagai pengikat antara tabung dengan regulator, serta sebagai pencegah bocornya gas dari celah-celah pertemuan antara tabung dengan regulator.

Untuk melihat berbagai regulator gas, kunjungi Ralali.com. di Ralali.com jual regulator dan bermacam perlengkapan dapur lainnya dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.