promo hot deals

Mau Memulai Bisnis Dengan Sahabat? Ini 5 Tips Yang Harus Diperhatikan!

0

Memulai bisnis dengan sahabat memang menyenangkan dan seru. Tapi alangkah baiknya jika mempertimbangkan hal ini, karena membuka usaha dengan sahabat ternyata tidak semudah yang dipikirkan meskipun kalian memiliki kecocokan kepribadian dan kesamaan ide serta selera. Karena yang dipertaruhkan bukan hanya modal, tapi juga tali persahabatan.

Ayo simak 5 tips ini sebelum memulai bisnis dengan sahabat, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!

Perhatikan Etos Kerja

Teman yang seru diajak main belum tentu seru untuk diajak kerja sama.

Makanya, alangkah baiknya sebelum kamu memulai membangun usaha dengan temanmu, pahami etos kerja satu sama lain. Misalnya, jika temanmu adalah orang yang tepat waktu, sedangkan kamu adalah orang yang hobi ngaret. Tentunya hal ini tidak mengenakkan. Kalian bakal menghadapi berbagai tantangan yang membutuhkan kekompakan kalian. Jadi, pikirkan dulu bagaimana cara menyiasati etos kerja (yang jika) berbeda.

 

Membuat Perjanjian Tertulis

Susunlah sebuah perjanjian bisnis dan kerja yang resmi dan tertulis. Ini gunanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena kita tak tahu apa yang bisa terjadi di kemudian hari.

Membangun usaha sangat jauh berbeda dari kerja kelompok kuliah. Kamu dan sahabatmu harus terlebih dahulu menyusun perjanjian kerja sama kalian sebelum memulai usaha.

Tidak sedikit usaha yang gagal dan berujung pada sengketa, bahkan memutuskan tali persahabatan.

 

Menyamakan Visi Misi Kerja

Pastikan kalian sudah menyamakan visi misi. Menanamkan visi dan misi dapat membantu menjaga kekompakan kalian dan tentunya akan mempermudah kalian dalam menentukan keputusan bagi usaha kalian. Karena dalam sebuah usaha, visi dan misi yang akan mengantarkan arah tujuan usaha

 

Tentukan Posisi atau Jabatan Kerja Secara Jelas

Membangun usaha dengan sahabat bukan berarti kamu harus mengerjakan segala sesuatu berbarengan. Bagi lah tugas masing-masing.

Layaknya usaha lainnya, usaha yang melibatkan teman juga membutuhkan struktur organisasi yang jelas. Bagilah jabatan sesuai dengan kompetensi dan bidang keahlian masing-masing. Tambahan, jabatan yang kalian miliki harus disesuaikan dengan kapasitas masing-masing dan pembagian tugas pun harus spesifik.

 

Jangan Takut untuk Membahas Hal Sensitif

Terkadang dalam menjalankan bisnis dengan sahabat membuat kita enggan mengatakan kritik saran karena takut menyakiti. Tapi sebenarnya, dari pada dipendam, justru lebih baik kalian membahasnya satu sama lain.

Adalah hal yang wajar jika kamu akan sering mengalaminya. Jadi, jangan anggap perbedaan pendapat sebagai awal permusuhan. Jangan juga coba menghindarinya. Ada baiknya jika kamu dan temanmu sudah terbiasa terbuka dan mengutarakan pendapat masing-masing.

Belajarlah mengomunikasikannya secara efektif dan terbuka. Karena keterbukaan juga menjadi salah satu kunci kekompakkan.

 

Nah, sahabat Ralali sudah tahu kan tips-tips jika ingin memulai bisnis dengan sahabat? Jangan lupa dipertimbangkan matang-matang sebelum memulai supaya bisnis Anda ke depannya dapat berkembang dengan pesat.

Sebab, sekali lagi, dipertaruhkan bukan hanya modal, tapi juga persahabatan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.