Membuat Kamar Mandi Lebih Sehat Dengan Exhaust Fan

0
Kamar Mandi Lebih Sehat
properti.kompas.com

Membuat Kamar Mandi Lebih Sehat Dengan Exhaust Fan – Kamar mandi adalah tempat yang lembab karena dipakai setiap hari untuk mandi atau kegiatan lainnya yang menggunakan air dalam jumlah banyak. Dengan kelembaban yang tinggi tentu saja sangat berpotensi sebagai tempat berkembangnya jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Untuk itu kualitas udara di dalam ruang kamar mandi harus sangat diperhatikan. Ventilasi dan sirkulasi udara tentu harus berjalan dengan baik sehingga dapat membuang aroma yang tidak sedap dan memberi udara bersih ke dalam ruang kamar mandi.

Baca: Menggunakan Exhaust Fan Sebagai Alternatif Ventilasi Rumah

Exhaust fan berperan penting untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan, tidak hanya untuk kamar mandi tapi seluruh rumah. Fungsi utamanya adalah untuk mengekstrak udara lembab dari ruangan dan mengeluarkannya ke luar rumah.

Aktifitas mandi, menyikat gigi, mencukur, buang air dan segala kegiatan lainnya yang menggunakan air dapat menghasilkan partikel uap air di udara. Penumpukan uap air dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerusakan pada lantai, dinding atau perangkat kamar mandi lainnya. Pengelupasan cat, pelapukan pada lemari di kamar mandi, hingga besi yang berkarat. Dalam tingkat yang lebih buruk lagi, munculnya jamur-jamur yang dapat menyebabkan bakteri di dalam rumah.

Exhaust fan bekerja dengan bantuan tenaga listrik untuk menggerakan motor yang berfungsi untuk menghisap udara lembab. Kekuatan exhaust fan dihitung dengan CFM (cubic feet per minute) yang merupakan pengukur berapa banyak udara yang dapat dihisap dari ruangan selama periode waktu. Semakin tinggi CFM berarti semakin banyak udara yang terhisap keluar ruangan. Secara umum semaki besar ukuran ruangan kamar mandi maka semakin tinggi CFM yang diperlukan pada sebuah exhaust fan.

Tempat Pemasangan Exhaust Fan Di Kamar Mandi

Langit-langit

Pemasangan exhaust fan yang paling umum adalah di langit-langit kamar mandi. Tempatnya cukup tinggi dan tidak mengganggu pandangan. Dengan meletakkan exhaust fan pada langit-langit dapat menghisap dan mengusir kelembaban dan bau tidak sedap dari kamar mandi dan dibuang melalui atap rumah. Exhaust fan akan menarik udara dari bagian bawah untuk ke atas dan terhisap keluar.

Ventilasi

Pilihan lain tempat yang dipakai untuk pemasangan exhaust fan adalah ventilasi. Dengan pemasangan pada ventilasi cukup memudahkan Anda karena tidak perlu membuat lubang khusus seperti di langit-langit. Dengan menempelkan exhaust fan pada ventilasi, proses pemasangan dapat lebih mudah serta praktis.

Dinding

Dinding kamar mandi juga menjadi tempat yang dapat dipasangkan exhaust fan. Pemasangan pada dinding memerlukan usaha untuk membuat lubang yang sekaligus dapat menjadi jendela untuk memberikan pencahayaan dari luar ruang.

Anda bisa memiliki exhaust fan untuk kamar mandi Anda dengan ukuran yang beragam hanya di Ralali.com. Segera cek website Ralali yang menyediakan exhaust fan dengan harga dan tipe yang sesuai dengan keperluan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.