Pengampelasan Lebih Cepat dan Mudah dengan Belt Sander

2
Menggunakan belt sander
Image: beltsandersexpert.com

Di dalam proses Wood Working proses pengampelasan adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan. Untuk memperoleh suatu produk yang berkualitas bagus, maka dibutuhkan permukaan yang halus serta rata di mana permukaan halus serta rata hanya bisa diperoleh dengan proses pengampelasan. Kualitas dari finishing amat ditentukan oleh kualitas pengampelasan, kian tingginya tuntunan akan kualitas Product yang kian tinggi maka kualitas pengampelasan yang diperlukan pun sangat tinggi.

Untuk mengatasi itu semua sekarang ini industri mesin woodworking sudah berkembang dengan sangat maju serta menyediakan mesin untuk melakukan proses pengampelasan yang tentunya sangat membantu dalam proses pengampelasan. Dengan menggunakan mesin-mesin yang tepat maka proses pengampelasan permukaan kayu pun bisa dikerjakan dengan cepat, mudah serta konsisten.

Belt sander merupakan mesin amplas dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk proses pengerjaan kayu, terlebih untuk kayu berbidang besar. Belt sander memakai kertas ampelas khusus berbentuk seperti sabuk. Mesin ini sangat agresif serta berkecepatan tinggi, karena itulah mesin belt sandera bisa mengampelas sesuatu dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan mesin ampelas yang lainnya.

Cara Memasang Ampelas Pada mesin Belt Sander

Sebelum melakukan pemasangan, pastikanlah steker atau colokan pada belt sander tak terhubung pada stop kontak, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak diharapkan. Untuk cara pemasangan serta pemakaian belt sander berbeda-beda antara merek yang satu dengan merek lainnya. Untuk lebih jelas mengenai cara pemasangannya bacalah buku manual pemakaian yang di ada satu paket pembelian. Pastikan pula untuk menggunakan kacamata Safety serta perlengkapan lainnya seketika mengoperasikan mesin bel sander, hal ini bertujuan supaya mata tak terluka akibat terkena serpihan hasil pengoperasian mesin bel sander tersebut.

Tariklah tuas penguncinya yang ada pada mesin.

Selanjutnya masukkanlah amplas ke mesin, kemudian kembalikkan tuas penguncinya untuk mengunci.

Putarlah knob penyetel yang ada pada mesin untuk mengatur kekencangan kertas ampelas.

Tekan atau tariklah sakat untuk menghidukan mesin. Gunakanlah kedua tangan Anda ketika memakai belt sander sebab putaran yang dihasilkan dari mesin tersebut cukup tinggi.

Jika sudah selesai menggunakannya, jangan lupa untuk mencabut steker yang terhubung ke stop kontak serta jangan lupa juga bersihkan mesin belt sander dari semua serbuk yang dihasilkan dari proses pengampelasan. Bersihkanlah memakai kuas, dengan melakukan perawatan maka belt sander pun bisa bertahan lama.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat
2 Komen
  1. Syamsull Huda berkata

    Amplas yg paling halus untuk Belt Sander ukuran mes nya berapa?

    1. Syamsull Huda berkata

      Sya mau gunakan untuk uji kekerasan dan metalografi pada baja… Apakah ada Belt yg mes nya mencapai 1000, jika ada dimna yg jual?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.