Mengatasi Masalah Atap Rumah Dari Kebocoran

0

Mengatasi masalah atap rumah dari kebocoran

Mengatasi Masalah Atap Rumah Dari Kebocoran – Cuaca yang tak menentu tidak cuma menganggu kondisi kesehatan tubuh saja, kesehatan pada rumah pun dapat terganggu yang diakibatkan karena pola hujan yang tak menentu. Kalau sudah turun hujan pastinya banyak sekali yang dihawatirkan oleh pemilik rumah, seperti ancaman banjir serta atap rumah yang bocor.

Permasalahan pada atap rumah ini tentunya menjadi permasalahan yang sangat penting yang harus diperhatikan. Ketika atap rumah bocor, tentunya menjadi masalah yang begitu menganggu kegiatan kita, apalagi jika hujan tersebut turun pada malam hari ketika kita hendak tidur, tentunya penghuni rumah pun sangat kerepotan. Tak hanya harus menyisihkan maupun memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih aman, kita pun harus menaruh tempat penampungan air untuk sementara supaya tetesan air tersebut tidak kemana-mana.

Oleh sebab itu, jika atap rumah bocor, haruslah segera mungkin untuk diperbaiki. Demi memudahkan dalam menanganinya, berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan atap bocor serta cara mengatasi atap bocor.

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap Konstruksi atap. Apakah atap tersebut masih kokoh serta berbentuk seperti semula. Jika terdapat perubahan bentuk pada bagian tertentu contohnya yaitu melendutnya pada bidang atap, maka harus dilakukan pembongkaran serta perbaikan total pada bagian tersebut. Pemeliharaan serta perawatan tersebut lebih baik dilakukan secara berkala.

Baca Juga : Tips Memilih Kamera CCTV Yang Sesuai Kebutuhan

Jika atap rumah bocor biasanya hal tersebut disebabkan karena adanya kesalahan konstruksi bangunan, contohnya kemiringan atap yang tidak tepat ataupun genteng tersebut sudah pecah-pecah. Pada umumnya, genteng-genteng yang banyak digunakan di rumah-rumah masyarakat Indonesia memiliki kemiringan sekitar 30 sampai 40 derajat. Jika kemiringannya kurang atau tidak pada ukuran tersebut, maka pada saat hujan, bocor pun bisa dipastikan akan mengancam rumah anda.

Untuk solusinya, perbaikilah kemiringan atap serta buatlah pelapis anti bocor, entah itu yang terbuat dari plastik pada bagian bawah genteng. Jadi, jika air masuk lewat celah antar genteng, air tersebut masih dapat ditahan oleh pelapis anti bocor tersebut yang terhubung ke talang air. Tak hanya itu, pilihlah jenis genteng yang terdapat lubang paku. Lubang paku tersebut berguna untuk mengunci posisi genteng agar tidak melorot.

Masalah kedua yaitu kesalahan pada pemasangan, kesalahan yang satu ini biasanya disebabkan karena kuli atau pemasang tersebut tidak cukup pintar ketika mengejakan lokasi-lokasi bagian atap yang rawan kemasukan air hujan. Contohnya, pada unit bubungan dibuat terlalu tinggi serta menyebabkan genteng retak ataupun pecah sehingga hal tersebut menyebabkan bocor pada saat turun hujan. Solusinya adalah, beri pelapis tahan air seperti aquaproof ataupun talang karet pada bagian-bagian yang bocor tersebut. Maka dari itu, pilihlah tukang yang mahir serta mintalah kepada tukang tersebut untuk bekerja sebaik dan semaksimal mungkin ketika mengerjakan bagian atap.

Masalah yang ketiga adalah karena pengaruh cuaca, karena atap merupakan bagian dari struktur bangunan yang selalu terpapar panas serta hujan, pastinya lama kelamaan atap tersebut akan rusak. Meskipun kita memilih atap yang sangat kuat, tetapi lambat laun atap akan terdegradasi yang diakibatkan oleh cuaca.

Solusinya, lakukanlah perawatan rutin setiap tahun guna memperpanjang ketahanan atap. Contohnya dengan melakukan pengecatan pada genteng ataupun memberikan lapisan waterproof pada bagian dak beton. contoh produk lapisan waterproof Anda bisa lihat di website kami, Ralali.com jual cat pelapis anti bocor dengan berbagai pilihan harga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.