Mengenal Jenis – jenis Valve

0
Mengenal Jenis - jenis Valve macam jual valve
Image: media.abatasa.com

Mengenal Jenis – jenis Valve – Dalam dunia industri terutama industri yang bergeram dalam bidang pengolahan likuid, tentunya mempunyai sistem perpipaan yang berfungsi untuk tempat mengalirnya likuid. Pada setiap rangkaian pipa tentunya mempunyai suatu alat yang dipergunakan untuk mengatur jumlah aliran supaya proses pengolahan bisa berjalan sesuai yang ditentukan. Alat tersebut kerap disebut sebagai katup, tentunya dalam kehidupan sehari-hari sudah tak asing lagi bagi kita semisal kran air yang kita gunakan setiap hari. Jenis valve sendiri tak hanya satu variasi saja, banyak sekali jenis valve yang tersedia, apa saja jenis-jenis valve tersebut ? Baca artikel ini lebih lanjut.

Baca: Menghindari Bahaya Dengan Cara Mencegah Kebocoran Gas Pengelasan

Mengenal Jenis – jenis Valve

  • Gate Valve.

Jenis valve yang satu ini diciptakan untuk membuka serta menutup aliran dengan cara tertutup rapat serta terbuka penuh sehingga valve jenis ini sangat cocok untuk mengatur debit aliran.

  • Plug Valve.

Fungsi Plug Valve hampir sama seperti Gate Valve yaitu dengan membuka atau menutup aliran secara keseluruhan. Akan tetapi sejumlah pengaplikasian valve jenis ini dipergunakan untuk mengontrol aliran semisal pada aliran gas.

  • Ball Valve.

Ball Valve dioperasikan terhadap fluida dengan temperatur -450°F sampai 500°F. Valve jenis ini merupakan jenis quick opening valve yang hanya membutuhkan ¼ putaran saja dari posisi tertutup penuh ke posisi terbuka penuh.

  • Globe valve.

Apabila aliran dalam valve berubah arah maka akan menghasilkan friksi yang lumayan besar walaupun dalam kondisi terbuka lebar. Valve jenis ini sangat penting apabila dipakai untuk penutupan yang rapat semisal pada aliran gas.

  • Needle Valve.

Pada umumnya valve jenis ini dipergunakan terhadap instrument, gage serta meter line Service namun Needle Valve bisa dipergunakan untuk throtling dengan sangat akurat dan bisa pula di pergunakan terhadap tekanan tinggi serta temperatur tinggi.

  • Diaphragm Valve.

Diaphragm Valve mempunyai kelebihan yaitu mempunyai aliran yang tenang serta fluida akan mengalir tanpa adanya hambatan, valve tipe ini sangat bagus untuk Flow Control serta untuk penutupan aliran yang sangat rapat meskipun di dalam pipeline terkandung suspended solid.

  • Butterfly Valve.

Butterfly Valve merupakan valve yang digunakan untuk tekanan rendah dengan desain yang sangat sederhana yang dipergunakan untuk mengontrol serta mengatur aliran. Untuk terbuka penuh atau tertutup penuh valve ini hanya memerlukan ¼ putaran.

  • Check valve.

Check valve dibuat untuk mengecek terjadinya aliran balik, valve jenis ini terdiri dari beberapa tipe semisal lift check, swing check serta ball check.

  • Pressure Reducing Valve.

Fungsi utama dari valve jenis ini ialah untuk menjaga supaya tekanan dalam sistem perpipaan selalu konstan Dean menurunkan tekanan dari sumber yang mempunyai tekanan lebih tinggi.

  • Traps Valve.

Fungsi trap valve ialah untuk membuang kondensat yang berasal dari perpipaan Stefan tanpa adanya seteam yang ikut terbuang. Valve jenis ini terdiri dari 3 jenis antara lain bucket trap, inverted bucket trap, serta float trap.

Untuk melihat berbagai valve dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual valve dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.