Mengenal Lebih Lanjut Bagian – bagian Solder

0
bagian Solder macam jual solder
Image: http://gambar.otomotifnet.com/

Mengenal Lebih Lanjut Bagian – bagian Solder – Solder adalah alat bantu dalam merakit ataupun membongkar rangkaian elektronika terhadap rangkaian yang ada pada papan PCB. Alat ini berguna untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas. Banyak sekali jenis serta bentuk solder tersebut, pada umumnya solder berbentuk seperti pistol serta lurus dengan mata solder di bagian ujungnya berbentuk lancip serta dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair supaya bisa melepaskan ataupun menyatukan kaki-kaki komponen terhadap papan PCB. Berikut ini merupakan bagian-bagian solder.

Baca: Apa Saja Tips Merawat Solder ?

  • Elemen Pemanas.

Elemen pemanas pada alat solder adalah komponen yang menentukan tingginya suhu dari solder, tinggi suhu pada elemen pemanas tergantung kepada tingginya daya elemen pemanas tersebut yang diukur pada satuan watt, semakin besar wattnya maka semakin tinggi pula suhu yang dihasilkan.

Pemilihan besarnya daya elemen pemanas terhadap solder tergantung kepada pemakaian solder tersebut. Untuk penyolderan IC, maka besaran daya elemen solder yang diperbolehkan ialah 30 watt, apabila wattnya besar maka suhu dari solder pun akan besar pula dan hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan terhadap IC.

  • Besi Solder (Solder TIP).

Besi solder ataupun “Solder Tip” berguna untuk mengalir panas terhadap dari elemen pemanas serta umumnya terbuat dari tembaga sebab sifat tembaga mudah menghantarkan panas, besi solder yang bagus mampu menghantarkan panas dengan sempurna serta mengumpulkan panas pada bagian ujung kepalanya, sehingga suhu pada ujung besi solder tersebut jauh lebih panas dari pada suhu terhadap elemen pemanasnya, serta pada bitnya diberi lapisan khusus anti lengket serta anti karat sehingga lebih mudah untuk menyolder serta lebih gampang ketika membersihkannya.

  • Gagang.

Gagang solder umumnya terbuat dari plastik campuran sehingga lebih tahan panas, namun untuk solder yang harganya murah umumnya memakai plastik biasa sehingga akan lebih mudah meleleh pada bagian yang dekat dengan elemen pemanas tersebut. Apabila anda lebih memilih untuk membeli solder yang murah, maka di sarankan untuk memilih solder yang bagian gagangnya terbuat dari kayu sehingga akan lebih awet. Umumnya bentuk gagang pada solder terdiri dari 2 macam, yaitu berbentuk Ben serta berbentuk pistol.

Untuk melihat berbagai solder dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual solder dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.