promo hari ini

Apa Saja Tips Merawat Solder ?

1

 Apa Saja Tips merawat Solder ?

Apa Saja Tips merawat Solder ? – Solder listrik merupakan alat yang membatu dalam urusan mematri komponen elektronik. Terkadang kira kerap merasa kesal ketika tengah memakai solder ternyata timah tersebut tidak meleleh, padahal solder sudah panas. Hal tersebut disebabkan mata solder kotor karena benda selain timah. Apabila mata solder kotor, sepanas apapun itu solder maka timah tidak akan menempel pada mata solder malahan tidak bisa meleleh. Sebetulnya kejadian seperti ini tidak akan terjadi jika rajin merawatnya. Pada artikel kali ini akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara merawat solder.

Ketika tengah menyolder, usahakanlah kabel penghubung terhadap stop kontak berada jauh dari solder, hal ini bertujuan untuk menghindari terkelupasnya kabel karena solder menyentuh kabel. Apabila menyolder menggunakan tangan kanan maka kabel penghubung mesti berada di bagian kanan badan, begitu pula dengan sebaliknya.

Sebelum menggunakannya, ketika mata solder panas lebih baik bersihkan terlebih dahulu dengan cara mengusapkan mata solder memakai kain basah secara cepat, langkah ini mesti dilakukan secara cepat sebab jika tidak maka akan terbakar oleh mata solder serta akan memperparah kondisi mata solder yang kotor.

Diamkanlah beberapa menit sesudah menggunakan solder, supaya solder menjadi dingin. Selanjutnya rapikan bagian kabel penghubungnya, usahakanlah jangan sampai kabel penghubung tersebut terurai begitu saja sebab dapat menyebabkan kusut, melilit maupun terhimpit benda lainnya yang menyebabkan kabel penghubung terputus.

Ketika menyolder gunakanlah arus, arus ini sejenis krim khusus untuk menyolder.

Pergunakan solder hanya untuk melelehkan timah saja, jangan dipergunakan untuk melelehkan benda lain semisal plastik, kertas atau kayu.

Jagalah solder sebaik mungkin, jangan sampai terjatuh yang akan menyebabkan elemen solder terputus.

Hal-hal yang perlu dihindari

Jangan membersihkan bagian ujung solder memakai ampelas ataupun pisau sebab akan mengikis lapisan terluar ujung solder tersebut.

Janganlah menaruh solder pada sembarang tempat yang bisa menyebabkan tersentuh kulit maupun tersentuh benda lain. Taruhlah di tempat khusus untuk menaruh solder yang panas serta tahan terhadap panasnya solder.

Jangan menyolder kabel maupun komponen yang kotor semisal terdapat debu atau karat atau lainnya. Sebab ujung solder akan kotor sehingga solder akan sulit dipakai dalam melelehkan timah.

Jangan memakai solder selain melelehkan timah semisal untuk melubangi kertas atau plastik sebab akan mengotori ujung solder.

Jangan menggulung kabel terlalu kuat, sebab akan menyebabkan kabel terputus maupun kusut.

Demikianlah artikel cara merawat solder, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan informasi ini.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Merawat Solder berkata

    Coba search deh gondorukem, buat bersihin mata solder. lebih bagus dari yang dijual di pasaran

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.