Yuk, Mengenal Lebih Jauh Mengenai Rangkaian Inverter

0

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Rangkaian Inverter

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Rangkaian Inverter – Rangkaian inverter merupakan sebuah kesatuan elektronika yang berfungsi untuk mengubah arus tegangan dari DC menjadi tegangan AC. Tak hanya berfungsi untuk mengubah sebuah arus tegangan saja, namun rangkaian inverter  pun dapat digunakan untuk menurunkan tegangan ataupun untuk menaikkan tegangan. Dengan kedua fungsi tersebut, maka kita dapat menghasilkan tegangan outputnya sesuai dengan pengaturan yang kita hendaki.

Pada rangkaian inverter yang sederhana memiliki tegangan tinggi dengan kapasitas yang cukup besar. Untuk satu jenis inverter sederhana yang paling banyak dipergunakan adalah inverter DC 12v to AC 220v. Dengan bermacam fungsi itulah rangkaian inverter sangat dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, cara kerja inverter mempunyai kesamaan dengan cara kerja Power supply, yaitu sebagai penyuplai arus tegangan DC ke AC dan berfungsi sebagai pengubah arus tegangan DC menjadi tegangan AC. Contohnya di dalam penerapan kehidupan sehari-hari ialah ketika mati lampu maka kita bisa memakai aki mobil (DC Direct Current) untuk diubah menjadi tegangan listrik PLN atau tegangan AC (alternatif Current). Dalam kasus ini aki atau battery mobil beserta bahan yang digunakan adalah penentu lamanya ketahanan suatu rangkaian inverter.

Baca: Ulasan Produk Inverter Firman MMA160

Inverter sendiri merupakan suatu komponen elektronika yang dapat mengubah arus tegangan AC 3 fase menjadi arus tegangan DC, dan kemudian mengubahnya kembali menjadi arus tegangan AC 3 fase dengan frekuensi yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Fungsi inverter secara awam dapat digunakan untuk mengubah arus aki menjadi arus listrik PLN, dengan demikian inverter ini bisa dijadikan sebagai pengganti listrik apabila sewaktu-waktu tak ada pasokan listrik ketika  PLN melakukan pemadaman listrik dan inverter pun bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk digunakan di wilayah yang tak ada listrik PLN.

Semakin berkembangnya jaman seperti sekarang ini, kini inverter semakin canggih. Salah satunya ialah terdapatnya inverter dengan fasilitas Auto Shutdown serta Low Baterry Alarm, di mana inverter dengan fasilitas tersebut dapat memberikan informasi tentang kondisi baterai yang digunakan.

Untuk melihat berbagai inverter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.com. Ralali jual inverter dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar