Mengetahui Bagian-bagian Stetoskop

0
Mengetahui Bagian-bagian Stetoskop
Image: www.siewie.pl

Mengetahui Bagian-bagian Stetoskop – Stetoskop merupakan perlengkapan medis yang digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit yang berdasarkan suara yang dikeluarkan oleh bagian tubuh manusia. Tidak hanya untuk tubuh manusia saja, stetoskop pun dipakai oleh para teknisi yang melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan suara. Alat ini berfokus untuk menangkap suara yang dibutuhkan dan menghilangkan suara yang tidak dibutuhkan. Dalam artikel ini akan memberikan bagian-bagian stetoskop antara lain eartips, tubing, binaural serta chest piece.

Baca: Siapakah Penemu Stetoskop ?

Bagian-bagian stetoskop

  • Eartips

Eartips merupakan bagian stetoskop yang menempel pada telinga, umumnya berbahan karet yang lembut ataupun plastik yang keras. Untuk stetoskop dengan harga murah umumnya bagian eartips berbahan plastik sedangkan untuk stetoskop yang harganya lebih mahal bagian eartips terbuat dari karet yang lembut. Aabila anda hendak membeli stetoskop, maka pilihlah eartips yang terbuat dari bahan karet sebab lebih nyaman serta tidak akan menimbulkan rasa sakit ketika digunakan.

  • Binaural atau Pipa besi

Binaural berguna menjaga stetoskop supaya tetap tegak serta tidak lembek. Bagian binaural ini ada besi stainless lentur agar nyaman dipakai serta sesuai dengan posisi telinga. Umumnya stetoskop tidak tegak lurus, tetapi agak bengkok mengikuti posisi telinga kanan serta kiri. Apabila anda merasa tidak nyaman sewaktu menggunakan stetoskop cobalah untuk ditukar antara kanan dengan kiri eartipsnya.

  • Tubing atau Selang karet

Tubing berfungsi untuk menyalurkan suara dari chestpiece ke telinga. Bagian ini umumnya berjumlah 1 buah. Tubing terbuat dari karet yang lentur. Ada pula stetoskop yang terdiri dari 2 selang, disebut sprague rappaport.

  • Chestpiece

Chestpiece merupakan bagian stetoskop yang ditempelkan ke tubuh pasien guna menangkap suara yang sedang diperiksa. Berdasarkan total kepalanya, chestpiece terbagi menjadi 2 antara lain dual head serta single head. Untuk chestpice Dual Head adalah stetoskop yang mempunyai dua muka depan serta belakang, keduanya dapat dipakai untuk kebutuhan pemeriksaan yang berbeda. Kepala pada bagian depannya yang terdapat membrannya sedangkan untuk bagian belakangnya yang tidak terdapat membrannya. Untuk memakai salah satu dari kedua kepala tersebut hanya dengan memutar pin pada chestpiecenya.

Untuk melihat berbagai stetoskop dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual stetoskop dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.