Waspada Terhadap 3 Faktor Penyebab Kebakaran Ini

0
Waspada Terhadap 3 Faktor Penyebab Kebakaran Ini
Image: news.liputan6.com

Waspada Terhadap 3 Faktor Penyebab Kebakaran Ini – Setiap bulannya di Indonesia hampir terjadi kebakaran, hal tersebut bukanlah prestasi yang mesti di banggakan, kobaran api terus menjadi ancaman yang menakutkan dan hal yang dilakukan hanyalah mencegahnya.

Terjadinya kebakaran karena beberapa faktor ataupun penyebab yang terkadang tidak kita sadari. Api dapat muncul di mana saja serta kapan saja. Maka dari itu salah satu untuk mencegah terjadinya kebakaran yaitu dengan mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran.

1. Api akibat Korsleting Listrik

Korsleting listrik adalah faktor penyebab kebakaran yang seling terjadi, dimulai dari korsleting panel listrik yang malfungsi, tidak adanya perawatan, ataupun tidak memperhatikan pemakaian alat-alat listrik sehingga mengakibatkan api yang diakibatkan korsleting tersebut.

Salah satu faktor terjadinya api yang disebabkan korsleting listrik yaitu beban stop kontak yang terlalu berat ataupun disusun terlalu banyak terhadap penghubung listrik. Biasakanlah sesudah memakai alat elektronik harap untuk melepas Port penghubung listrik supaya tidak terjadinya korsleting listrik.

Tidak hanya itu saja, kadang kabel juga bisa menyebabkan api yang bisa mengakibatkan kebakaran, adanya gulungan kabel yang tak terawat bisa mengakibatkan hubungan arus pendek. Untuk mencegahnya lebih baik jangan kabel jangan sering digulung sebab bisa merusak serabut yang ada dalam kabel tersebut.

Baca: Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasang Kabel Listrik

2. Api Karena Peralatan Dapur

Penyebab kebakaran lainnya yang kerap terjadi yaitu disebabkan oleh peralatan dapur. Bocornya selang tabung adalah faktor kebakaran yang kerap terjadi. Tidak hanya karena selang tabung gas saja, terkadang percikan api ketika memasak  pun bisa mengakibatkan kebakaran yang begitu hebat.

Untuk cara pencegahannya ialah dengan memperhatikan selang regulator gas, apabila dianggap sudah muali rusak, maka segeralah untuk menggantinya, dan untuk antisipasi yang kedua yaitu dengan menyediakan alat pemadam api  di dapur supaya jika terdapat api yang bisa mengakibatkan kebakaran bisa segera dipadamkan.

3. Api Karena Kelalaian Manusia

Faktor terjadinya kebakaran yang ketiga yaitu kelalaian manusia sendiri, terkadang debu rokok pun bisa mengakibatkan faktor terjadinya api yang bisa mengakibatkan kebakaran. Atau bisa pula kebakaran terjadi karena ulah anak-anak yang tak sengaja bermain petasan ataupun bermain korek.

Penyebab kebakaran yang diakibatkan karena kelalaian manusia ini bisa dicegah dengan cara selalu hati-hati serta waspada  terhadap bahan penyebab api.

Itulah beberapa faktor penyebab kebakaran yang kerap terjadi, mulai dari karena korsleting listrik, alat memasak sampai kelalaian manusia tersebut, maka dari itu sebaiknya untuk tetap waspada terhadap 3 faktor penyebab tersebut dan jangan lupa terdapat alat pemadam kebakaran yang selalu siap digunakan kapan saja .

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.