Kriteria Alat Pemadam Api Ringan Yang Baik

0
Kriteria Alat Pemadam Api Ringan Yang Baik
Image: aftaustralia.com.au

Kriteria Alat Pemadam Api Ringan Yang Baik– Alat pemadam api mesti selalu dalam keadaan prima, sebab alat ini dipakai hanya ketika keadaan darurat saja. Kriteria alat pemadam api dalam keadaan baik dibagi menjadi beberapa poin yang mesti diketahui. Maka dari itu mesti pahami beberapa poin kriteria alat pemadam api ringan (APAR) yang baik di bawah ini.

Tidak Berkarat

Tabung alat pemadam api mesti dalam kondisi tidak berkarat, lakukanlah perawatan terhadap tabung alat pemadaman api sebab tabung yang berkarat tidak bisa menahan tekanan (bocor)

Label Dapat Di baca

Label yang tertera pada tabung alat pemadam api mesti bisa dibaca serta dimengerti dengan jelas, supaya orang yang hendak memakai alat pemadam api bisa tahu alat ini digunakan untuk jenis kebakaran seperti apa serta bisa mengetahui mengenai cara dasar penggunaan alat pemadam tersebut.

Segel Dalam Keadaan Utuh

Segel pada alat pemadam api mesti dalam kondisi utuh, jika segel pada APAR rusak, maka kemungkinan isinya sudah tidak ada ataupun tidak lagi bertekanan.

Baca: 7 Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan

Selang Pemadam Tahan Tekanan Tinggi

Selang pemadam api mesti mempunyai tekanan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan, semisal pemakaian CO2 dalam alat pemadam api yaitu mengenai pengangan mulut terhadap selang alat pemadam api tipe CO2 mesti baik, sebab bahan agent pada alat pemadam api tipe CO2 sangatlah dingin.

Tutup Tabung Pemadam Terpasang Kencang

Tutup tabung pada alat pemadam api mesti terpasang kencang ataupun erat. Jika tutup tabung pemasang tidak terpasang kencang sangatlah berbahaya sebab bisa mengakibatkan tabung pemadam bisa meledak ketika dingin.

Perihal Batas Tekanan

Mengenai batas tekanan terhadap alat pemadam api jenis Storage Pressure, tekanan jangan sampai kurang dari bahan yang ditentukan, jika tekanan kurang maka alat tidak akan berfungsi ketika proses pemadaman karena bahan agent tidak keluar ataupun terhambat di selang alat pemadam tersebut.

APAR Tidak Kadaluwarsa

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang baik adalah alat pemadam yang belum melewati masa kadaluwarsa, perhatikanlah lebl yang terdapat pada tabung, jika sudah lewat maka isi dari APAR tersebut sudah tidak baik untuk digunakan.

Itulah beberapa kriteria alat pemadam api yang layak untuk dipakai, mengetahui kriteria ini bisa mempermudah untuk mengetahui apakah APAR yang anda miliki masih dalam keadaan yang prima atau mesti dilakukan perawatan atau pergantian.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.