Keselamatan Kerja dan Mencegah Kecelakaan Kerja Listrik

0
Keselamatan Kerja dan Mencegah Kecelakaan Kerja Listrik
Image: sebelasnews.com

Keselamatan Kerja dan Mencegah Kecelakaan Kerja Listrik – Untuk menambah keselamatan kerja di area kerja, diperlukan penyusunan rencana kerja, membangun komunikasi, mengidentifikasi bahaya dan meningkatkan pengawasan. Setiap pekerja harus paham terhadap keselamatan kerja listrik guna mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Baca: Langkah-langkah Keselamatan Kerja Listrik

Berikut ini langkah dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja sewaktu bekerja dengan listrik.

Beralas kaki

Ketika bekerja dengan listrik, salah satu hal yang mesti diperhatikan yaitu jangan sampai tubuh terhubung langsung ke tanah, sebab tanah merupakan kutub negatif pada setiap aliran listrik. Maka dari itu ketika sedang bekerja menghadapi listrik, usahakan jangan samai tubuh bersentuhan langsung dengan tanah ataupun bersentuhan dengan bumi.

Selalu mengecek aliran listrik menggunakan test pen

Sebelum memulai kerja, Anda mesti yakin terhadap kabel mana yang terdapat aliran listrik serta bagian mana kabel yang negatif serta kabel positifnya.

Untuk mengetahui hal tersebut gunakanlah Test Pen guna membedakan kabel negatif serta kabel positifnya. Ceklah aliran listrik pada setiap kabel tersebut sehingga ketika bekerja tidak akan tersengat listrik.

Mematikan sentral listrik pada saat memperbaiki listrik

Untuk lebih amannya, matikan saja sekringnya listriknya. Dengan demikian aliran listrik terhadap rangkaian listrik pada lingkungan kerja akan terputus semuanya. Jika semua pekerjaan sudah selesai maka pasang kembali sekeringnya.

Mengisolasi sambungan dengan baik

Apabila diharuskan untuk menyambung kabel, maka lakukanlah proses tersebut dengan sebaik-baiknya. Dalam menyambung kabel, sebaiknya gunakanlah isolasi yang kuat serta tahan lama. Ketika proses penyambungan kabel janganlah melakukan di satu tempat yang bersebrangan, tetapi lakukanlah pada satu jarak tertentu semisal sekitar setengah meter terhadap sambungan yang satunya. Langkah ini bertujuan supaya sambungan terhindar dari pertemuan atau korsleting, sehingga rangkaian listrik di lingkungan kerja pun aman.

Bekerja berhadapan dengan listrik memanglah memerlukan dasar terhadap listrik yang baik, hal ini bertujuan karena bekerja dengan sesuatu yang tak nampak namun keberadaannya sudah jelas ada. Oleh sebab itu selalu perhatikan keselamatan kerja listrik sewaktu bekerja yang berhubungan dengan listrik ataupun pekerjaan lainnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.