Modal Ventura Sebagai Solusi Pendanaan

2
Modal pendanaan ventura
ilustrasi modal ventura

Modal Ventura Sebagai Solusi Pendanaan – Pelaku usaha pribumi telah mengusulkan kepada pemerintah untuk mendukung memberikan pengadaan modal ventura sebagai upaya untuk membantu soal permodalan bagi para pebisnis skala kecil serta menengah senilai Rp 30 miliar pada tahap awal.
Ketua Umum Hippi (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Suryani Sidik Motik telah mengungkapkan dukungan pendanaan dari perbankan sulit untuk diakses bagi IKM (industri kecil dan menengah). Jadi perlu dibuatnya sebuah skema khusus, misalnya melalui kehadiran modal ventura.

“Bank susah untuk memberi pendanaan jadi seharusnya ada sebuah lembaga keuangan tersendiri yang dapat masuk yang bersifat private equity. Kita belum ada yang seperti ini,” ungkapnya.

Modal ventura adalah salah satu dari bentuk pembiayaan dari sebuah perusahaan kepada sebuah mitra usaha yang melalui penyertaan modal pada periode tertentu.

Dana ventura akan mengelola penanaman modal dari para investor untuk membenamkan kapital di perusahaan yang memiliki resiko tinggi yang sulit untuk mendapat akses kredit dari bank, seperti halnya IKM.

Gagasan tentang modal ventura ini telah disampaikan oleh Hippi kepada Kemenperin. Pada skema pendanaan dari ‘para angel’ investor seperti ini, sangat diharapkan dapat mendongkrak daya saing IKM di pasar global.

Suryani telah berpendapat, untuk pelaksanaan modal ventura pada tahap awal cukup dengan nilai Rp 20 miliar sampai dengan Rp 30 miliar. Komitmen dari sebuah perusahaan besar yang berperan sebagai angel investor yang diharapkan mendapat naungan yang baik dari pemerintah.

“Nanti dapat dipilih beberapa produk IKM yang layak untuk mendapatkan modal ventura pada tahap awal. Perusahaan besar yang telah berkomitmen dan pemerintah sebagai payungnya” – ungkapnya

Adapun IKM yang dinilai telah memiliki daya saing tinggi saat ini merupakan mereka yang saat ini bergerak pada sektor kerajinan, fesyen, makanan dan minuman. Keanggotaan Hippi sendiri sekitar 85% telah diisi oleh para pebisnis skala kecil dan juga menengah. Jumlah anggota diperkirakan saat ini mencapai 10.000 IKM.

 

Sumber : Kemenperin

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
2 Komen
  1. ssaphira55@gmail.com berkata

    Good job, Angga!

    1. angga ralali berkata

      iyah, Makasih ibu. ^_^

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.