Tips Sederhana Buat Introvert Agar Lebih Mudah Melakukan Networking

Tips netwoking buat introvert

0

Bukan rahasia lagi kalo si Introvert selalu punya dunia sendiri dan sulit berbaur saat berada di lingkungan baru. Sifat inilah yang akhirnya suka membuat mereka yang introvert terkadang mengalami masalah saat berada di dunia kerja maupun bisnis.

Untuk itu kalau sebelumnya kita pernah membahas jenis bisnis apa yang pas buat si Introvert, dalam artikel kali ini kita akan memberikan tips buat mereka agar dapat memperluas koneksi mereka dengan lebih mudah.

 

Be Yourself

                                            

via GIPHY

Jadi seorang introvert itu susah-susah gampang, apalagi kalau udah ngomongin bisnis. Mau nggak mau mereka harus berusaha fit in, agar dapat memiliki networking supaya bisnis berjalan lancar. Nggak salah kok, tapi kabar baiknya nih, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk disukai orang lain. Cukup lakukan hal simple seperti menyapa terlebih dahulu agar orang lain bisa terbuka padamu.

 

Change Your Mindset

                        

via GIPHY

 

Suka overthinking bisa jadi masalah si introvert yang mostly jadi hambatan bagi diri mereka sendiri. Daripada berpikir “apa yang harus saya lakukan? Apakah mereka akan menyukai saya?” buatlah sekeliling kamu nyaman dengan sedikit percakapan dan senyum ramah. Jika kamu anggap ini terlalu sulit bukan masalah yang karena yang penting kamu sudah mencoba.

 

Don’t Try Too Hard

 

                                             

via GIPHY

Berusaha memperluas relasi itu perlu, tapi ingat jangan memaksakan diri atau menyalahkan diri sendiri atas kemampuan yang belum maksimal. Semua itu proses dan memang ada kalanya perbedaan tidak bisa disatukan. So, lakukan yang terbaik dan nikmati prosesnya.

 

Buatlah Jadi Kebiasaan

 

                                          

via GIPHY

Percaya atau tidak, semua orang yang bisa disiplin bangun pagi, makan sehat & kegiatan maupun hobi positive lainnya itu dimulai dari sebuah langkah kecil yang tanpa mereka sadari menjadi sebuah kebiasaan.

Hal ini juga berlaku dalam networking, dengan mencoba keluar dari zona nyaman dan membuang rasa takut yang ada. Sebagai langkah awal kamu bisa mencoba mendekat, bukan masalah jika kamu hanya diam di awal bertemu, toh perlahan kamu akan merasa terbiasa dan menikmatinya.

 

“Kepoin” Dulu

                                         

via GIPHY

Untuk memudahkan kamu saat bertemu dengan orang lain, cobalah untuk mencari tahu mereka mulai dari apa yang mereka sukai melalui media sosial. Dengan begitu kamu akan mudah membuka topik pembicaraan dan bisa memahami lawan bicaramu.

Ingat ya, para Introvert jangan biarkan rasa takut itu menggangu terus menerus, dan jangan takut untuk gagal karena dengan setiap proses yang dilewati akan membuat kamu makin dewasa dan mendobrak segala zona nyamanmu.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar