Normalkah Kondisi Aki Mobil Anda ? Cek Disini !

0

Normalkah Kondisi Aki Mobil Anda

Normalkah Kondisi Aki Mobil Anda ? Cek Disini ! – Untuk mengetahui apakah aki mobil masih berfungsi normal atau sudah rusak merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Apabila mobil menunjukkan satu ataupun 2 dari tanda berikut, aki mobil tidak mengalami masalah. Akan tetapi apabila menunjukkan banyak tanda yang muncul cukup besar kemungkinan adanya ketidakberesan pada aki.

Berikut ini merupakan cara memeriksa kondisi aki masih normal atau tidak.

1. Lampu Indikator Aki

Periksalah lampu indikator dashboard mobil. Banyak mobil mempunyai lampu indikator yang bisa menunjukkan apakah aki mobil masih normal atau tidaknya. Apabila umur aki sudah mendekati masa habis, biasanya lampu indikator akan berkedip ataupun terus menyala. Lampu peringatan baterai yang hidup tidak selalu menunjukkan aki mobil mati, akan tetapi bisa menunjukkan tanda awal adanya ketidakberesan terhadap aki ataupun sistem kelistrikan mobil. Periksalah aki mobil pada bengkel, guna mengetahui penyebab lampu indikator menyala.

2. Masalah Listrik

Amati sistem listrik mobil termasuk radio, lampu, sistem injeksi bahan bakar serta pemanas ataupun pendingin udara. Sewaktu performa aki mulai menurun, maka semua fungsi pada sistem listrik di atas pun akan menurun dan jika semakin banyak sistem listrik yang menyala maka akan semakin sulit pula mobil distarter. Apabila perangkat radio pada mobil masih menyala tetapi mobil tidak menyala, anda mungkin perlu melakukan isi ulang ataupun mengganti aki mobil dengan aki yang baru.

3. Mobil Tidak Bisa Distarter

Apabila mobil sulit atau sama sekali tidak bisa di starter, hal ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah terhadap aki mobil. Sewaktu memutar kunci kontak mobil serta terdengar suara klik, hak tersebut merupakan indikator kuat, bahwa aki mengalami masalah. Cobalah untuk menstarter menggunakan kabel Jumper, apabila masih tidak bisa menyala maka bisa dipastikan bahwa aki mobil sudah mati.

4. Umur Aki

Penting untuk mengetahui umur aki anda, umumnya umur aki berkisar 3 sampai 5 tahun. Apabila aki sudah berusia 5 tahun ataupun lebih serta mobil mengalami gejala seperti yang dijelaskan di asa, maka perlu mengganti aki mobil. Masalah terhadap aki dapat juga disebabkan karena mobil jarang dihidupkan. Jarang menghidupkan mobil dapat memperpendek umur aki.

Baca artikel lainnya : Kenali 7 Jenis Kunci Stir Mobil Anda

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar