Penggunaan Safety Belt Sebagai Pelindung Jatuh

0
Penggunaan Safety Belt Sebagai Pelindung Jatuh
Image: www.safetysupplies.com.au

Penggunaan Safety Belt Sebagai Pelindung Jatuh – Sabuk keselamatan atau Safety Belt adalah salah satu alat pelindung jatuh yang kerap dipakai oleh pekerja yang bekerja di ketinggian. Alat ini mempunyai fungsi yang sama dengan alat Full Body Harness, akan tetapi Safety Belt hanya dikaitkan ke bagian pinggang pekerja saja serta bagian lanyard dikaitkan ke anchor.

Pemakaian Safety Belt sebagai alat pelindung jatuh mesti mempertimbangkan bahwa sebaiknya alat Safety Belt tidak dipergunakan untuk pekerjaan yang memungkinkan pekerja bisa terjatuh dari ketinggian, sebab jika pekerja terjatuh maka pekerja tersebut masih bisa mengalami cidera di bagian pinggang ataupun bagian tulang belakangnya meskipun pekerja tersebut tak mengenai permukaan tanah dalam artisan pekerja tergantung.

Baca: Cara Mengeliminasi Potensi Bahaya Bekerja di Ketinggian

Cidera tersebut dikarenakan adanya tekanan yang ditimbulkan oleh Safety Belt yang dilingkarkan ke pinggang pekerja. Maka dari itu jika berpotensi terjatuhnya sangatlah besar maka langkah yang sangat tepat dilakukan ialah memakai Full Body Harness dan apabila tetap ingin memakai Safety Belt maka mesti memasang pagar pembatas.

Pengecekan Safety Belt

Sebelum Safety Belt dipakai wajib untuk diperiksa kelayakannya, mulai dari pengecekan secara fisik yang meliputi pemeriksaan webbing, buckle, ring serta informasi yang lainnya sesuai dengan petunjuk pabrik pembuat. Jangan sesekali memakai Safety Belt apabila keadaannya rusak atau webbing sudah berserabut.

Buckle

Periksalah buckle apakah terdapat tanda-tanda adanya kerusakan semisal retak, bengkok atau bisa bergerak bebas atau tidak. Periksa pula pin penguncinya apakah berfungsi baik, tidak bengkok serta bisa bergerak dengan bebas. Jangan sesekali menggunakan jika pin penguncinya bisa melewati besi buckle.

Webbing

Janganlah memakai Safety Belt jika terdapatkan tanda-tanda kerusakan semisal robek, berserabut, teriris ataupun kondisi yang tak layak pakai lainnya.

Ring

Fungsi dari ring yaitu sebagai pengait lanyard pada belt, pastikanlah keadaan ring tak retak, berkarat, bengkok ataupun tanda kerusakan yang lainnya. Jangan sesekali menggunakan ring yang mengalami kerusakan.

Label Informasi

Informasi yang diberikan oleh pabrik pembuatnya sangatlah pening untuk dipahami supaya pemakaian Safety Belt sesuai serta aman dipakai. Informasi tersebut antara lain ukuran Safety Belt, cara pemakaian, tanggal pembuatan serta kadaluwarsa, berat beban yang di haruskan serta informasi yang lainnya. Semua informasi tersebut bisa dilihat di buku pendam atau di label yang tertera di Safety Belt.

Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika memakai Safety Belt sebagai alat pelindung jatuh untuk bekerja di atas ketinggian. Sebelum memakai Safety Belt terlebih dahulu untuk memastikan ukuran belt sudah sesuai dengan lingkar pinggang sang pekerja, pakailah Safety Belt di pinggang bagian atas, jangan memakai belt terlalu rendah.

Untuk melihat berbagai Safety Belt dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual Safety Belt dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.