Seperti Ini Cara Menggunakan Tangga Portabel yang Aman

0

Seperti Ini Cara Menggunakan Tangga Portabel yang Aman - Tangga portabel dipakai sebagai akses entah itu naik ataupun turun pada tempat yang tak dilengkapiSeperti Ini Cara Menggunakan Tangga Portabel yang Aman – Tangga portabel dipakai sebagai akses entah itu naik ataupun turun pada tempat yang tak d
ilengkapi tangga permanen. Potensi terjadinya cedera akibat pemakaian tangga portabel sangat tinggi, semisal terjatuh ketika menaiki tangga, terpeleset ketika menaiki tangga, ataupun tangga ambruk. Pemakaian tangga portabel dilakukan jika alternatif lain tak bisa dilakukan semisal pemakaian scafolding ataupun pemakaian elevating works platform.

Upaya untuk menghindari kecelakaan karena pemakaian tangga portabel terdapat sejumlah hal yang mesti dilakukan, yaitu:

Penempatan tangga

Ketika pemasangan, tangga mesti ditaruh di permukaan yang stabil serta untuk bagian atas serta bagian bawahnya mesti dijaga supaya tak bergeser ketika dipergunakan. Hindarilah pemakaian tangga pada permukaan atau lantai yang basah serta pemakaian di luar ruangan ketika kondisi angin kencang.

Jika tak bisa menghindari untuk menempatkan tangga di daerah yang lunak, tak rata ataupun miring, maka pakailah alas untuk meratakannya semisal papan ataupun peralatan khusus yang sudah disediakan oleh pabrik pembuat tangga tersebut. Perhatikan pula jarak anak tangga yang pertama dengan permukaan tanah, jangan sampai salah ketika menginjakkan kaki sehingga terpeleset.

Pakailah pelapis karet ataupun bahan anti slip pada bagian kaki tangga yang terbuat dari logam atau besi, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi supaya tangga tak meluncur.

Pemakaian tangga berada di dekat kabel bertegangan listrik mesti memakai bahan yang tak menghantarkan arus listrik atau isolator semisal fiber, kayu. Perhatikan pula jarak aman dari kabel dengan cara memperhitungkan tinggi pekerja ketika melakukan pekerjaan di atas tangga.

Penggunaan tangga

Saat memakai tangga, perbandingan tinggi serta jarak yang baik ialah 4:1, angka 4 untuk tinggi serta angka 1 untuk jarak. Jika menyandarkan tangga setinggi 4 meter terhadap dinding, maka jarak kaki tangga dengan dinding ialah 1 meter. Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi tangga supaya kaki tangga tak meleset (sliding) atau tak terjatuh.

Sebelum menaiki tangga pastikanlah bahwa posisi tangga sudah stabil serta tak mudah bergeser ketika dinaiki.

Saat berada di atas tangga.

Selain karena kondisi serta penempatan tangga, salah satu kecelakaan terjatuh dari tangga ialah karena aktivitas yang dilakukan oleh pengguna tangga tersebut. Terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika menaiki tangga portabel, antara lain:

Jangan sesekali menginjak ataupun menempatkan kaki lebih dari anak tangga yang ketiga dari atas, hal ini bertujuan supaya tubuh masih bisa menumpu di tangga setinggi pinggang.

Gunakanlah selalu 3 titik tumpu atau Three Point Contact.

Gunakanlah alas kaki anti slip, serta jangan lupa untuk membersihkan alas kaki dari bahan yang bisa mengakibatkan kaki tergelincir ataupun terpeleset dari anak tangga.

Turun terlebih dahulu sebelum memindahkan tangga, jangan sesekali menggeser tangga ketika Anda masih berada di atas.

Menghadap ke tangga ketika naik serta turun.

Ketika berada di atas tangga, jangan sampai ada pekerjaan lain di bawah tangga.

Apabila membawa peralatan, pakailah tas ataupun tempat peralatan yang memudahkan ketika naik atau turun tangga.

Jangan meraih benda yang tak bisa diraih, sebab bisa menyebabkan keseimbangan di atas tangga bisa terganggu. Hal tersebut bisa mengakibatkan pekerja terjatuh.

 

Untuk melihat berbagai Tangga dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual tangga portable dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.