Penyebab Kerusakan pada Water Heater

0
Penyebab Kerusakan pada Water Heater
Image: www.reparacaoesquentadores.com

Penyebab Kerusakan pada Water Heater – Mandi dengan air hangat ketika cuaca dingin tentunya sangat menyenangkan sekali. Terlebih jika mempunyai alat pemanas air di rumah, tidak mesti repot-repot memasak air apabila memerlukan air hangat untuk mandi. Alat pemanas air atau bisa disebut dengan Water Heater ialah sebuah alat yang berguna untuk memanaskan air dengan menggunakan listrik, cahaya matahari atau gas.

Bahkan sekarang ini telah ada Water Heater dengan memanfaatkan panas yang dikeluarkan dari Air Conditioner. Banyak sekali jenis alat pemanas air yang beredar di pasaran yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan.

 Baca: Membersihkan Endapan Tangki Water Heater

Alat pemanas air ini sangat bermanfaat terlebih ketika musim hujan, dan tentunya sangat menyebalkan apabila alat ini rusak ketika kita membutuhkannya. Maka dari itu, tidak hanya tahu cara menggunakannya saja, akan tetapi mesti tahu pula apa saja yang menjadi penyebab kerusakan alat pemanas air ini supaya bisa dicegah.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang kerap menjadi penyebab kerusakan alat pemanas air atau Water Heater.

Air yang masuk ke dalam tabung tidak bersih.

Air yang masuk ke dalam tabung mesti bersih dari partikel kecil serta tak boleh mengandung kapur dan untuk memperoleh air yang benar-benar bersih pun tak mudah. Sebaiknya pasang penyaring air supaya air yang masuk ke dalam tabung benar-benar bersih.

Magnesium anode yang tak di ganti.

Fungsi dari magnesium anode ini untuk menetralisirkan PH pada air. Di lingkungan dengan kondisi air yang bersih, magnesium anode diganti hanya setiap 5 tahun, namun apabila kondisi air tak bersih, maka magnesium anode lebih baik diganti setahun sekali. Apabila hal tersebut tak dilakukan maka air yang keluar akan bersifat asam yaitu PH > 7 atau bersifat basa yaitu PH < 7 tentunya air tersebut berbahaya untuk kesehatan.

Safety Valve tak pernah di periksa

Fungsi dari Safety Valve yaitu untuk pengamanan apabila terjadi tekanan berlebih pada tabung. Safety Valve ini akan menjaga suhu tabung supaya tetap stabil. Naikkanlah tuas Safety Valve secara berkala supaya tak terjadi penyumbatan serta air bisa mengalir lancar.

Tidak Peduli terhadap tanda kerusakan

Sebelum alat pemanas air mengalami kerusakan yang parah, pada umumnya akan memberi tanda-tanda. Apabila Anda menemukan hal yang tak wajar ketika memakai alat ini lebih baik segera menghubungi teknisi supaya tak semakin parah.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.