Pentingnya Bisnis Anda Menggunakan RFID

0
Pentingnya Bisnis Anda Menggunakan RFID
Pentingnya Bisnis Anda Menggunakan RFID

Pentingnya Bisnis Anda Menggunakan RFID – RFID merupakan istilah umum untuk teknologi yang memakai gelombang radio yang secara otomatis untuk mengidentifikasi orang maupun benda. Terdapat sejumlah metode identifikasi, namun yang paling umum ialah untuk menyimpan nomor seri yang mengidentifikasi orang maupun benda pada microchip yang terpasang di antena. Antena memungkinkan chip untuk mengirim informasi identifikasi untuk pembaca. Setelah itu pembaca mengubah gelombang radio yang kemudian dipantulkan kembali dari tag RFID menjadi informasi digital yang selanjutnya bisa diteruskan menuju komputer yang bisa memanfaatkannya.

Terdapat 4 macam tag RFID yang kerap dipakai apabila dikategorikan berdasarkan frekuensi radio.

  • Low frequency tag (antara 125 ke 134 kHz)
  • High frequency tag (13.56 MHz)
  • UHF tag (868 sampai 956 MHz), UHF tag tak dapat dipakai secara global, sebab tak ada peraturan global yang mengatur pemakaiannya.
  • Microwave tag (2.45 GHz)

Apa tujuan dari RFID?

RFID memungkinkan data yang dikirimkan produk yang mengandung RFID tag microchip, yang dibaca oleh pembaca RFID. Data yang dikirimkan bisa memberi informasi identifikasi maupun lokasi mengenai produk semisal informasi tanggal pembelian maupun harga.

Aplikasi RFID Sebagai Inventory Control

Sistem penaganan barang di dalam proses manufaktur serta distribusi yang efisien serta hemat waktu bisa disediakan dengan sistem identifikasi yang aman serta cepat. Hal ini bisa dengan mudah direalisasikan dengan RFID, sebab tak membutuhkan kontak langsung ataupun kontak optik. Dengan fitur tambahan fitur anticollision, maka sejumlah barang bisa dicek secara bersamaan.

Aplikasi RFID Dalam Bidang Transportasi

Kenyamanan serta efisiensi waktu menjadi tawaran yang menarik untuk penggunaan RFID di dalam bidang transportasi, sebab pemakaian sistem identifikasi yang cepat sangat diperlukan dalam bidang ini. Misalnya pemakaian tag RFID untuk menandai bawaan pejuang serta pengganti tiket sehingga bisa mencegah antrean yang panjang.

Aplikasi RFID Dalam Bidang Akses Kontrol

Contoh aplikasi dalam bidang akses kontrol ialah sistem keamanan pada mobil maupun fasilitas tertentu, di mana untuk aplikasi ini memerlukan keamanan dengan level tinggi. Untuk kebutuhan ini maka bisa direalisasikan dengan RFID. Perkembangan RFID terus dilakukan yang bertujuan untuk perbaikan performa RFID, sehingga bisa menangani lebih banyak masalah anticollisin serta bisa beroperasi dengan daya yang rendah.

Keunggulan RFID dibandingkan Barcode Optic

RFID mempunyai 2 keunggulan dibandingkan barcode optic, yaitu:

  • Identifikasi unik sebuah tag RFID bisa merekam lebih banyak data transaksi secara unik dari berbagai objek yang identik semisal, seriaL number, expired date dan lain-lain. Sehingga informasi dari produk yang memakai tag RFID bisa diketahui dengan mudah. Hal ini sangat berbeda dengan barcode optic yang hanya bisa mengidentifikasi tipe objek tempat ia dicetak.
  • RFID memakai frekuensi radio untuk mengirim informasi maupun data antara tag RFID dengan reader RFID, sehingga tak memerlukan kontak fisik di antara keduanya untuk bisa berkomunikasi. Tag RFID bisa dibaca tanpa kontak line-of-sight serta tanpa penempatan yang presisi, Reader RFID bisa melakukan Scan pada tag-tag sebanyak ratusan setiap detiknya. Hal ini sangat berbeda degan barcode optic yang ketika melakukan scanning memerlukan kontak Ine-of-sight dengan reader.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.