Jenis Altimeter Berdasarkan Objek Yang Diukur

0
Jenis Altimeter Berdasarkan Objek Yang Diukur
Jenis Altimeter Berdasarkan Objek Yang Diukur

Jenis Altimeter Berdasarkan Objek Yang Diukur – Alat yang fungsinya untuk mengetahui jarak antara kedudukan objek dengan titik dasar permukaan laut disebut sebagai Altimeter. Alat ini digunakan untuk menavigasi penerbangan dan aktivitas pendakian. Tidak hanya itu saja, melainkan alat ini bisa digunakan untuk apapun itu yang berbau ketinggian. Altimeter tersedia dalam berbagai merek, seperti Barigo, Highgear, Brunton, Silva dan Celestron. Masing-masing brand mempunyai tipe dan harga yang bervariasi. Tentu Anda harus jeli ketika hendak membelinya. Sesuaikanlah spesisikasi alat dan benda yang diukur.

Terdapat tiga jenis Altimeter yang dibedakan menurut kegunaannya, yakni tekanan, laser dan radar. Pada alat transportasi udara wajib terdapat altimeter. Beberapa jenis kapal terbang juga mengadopsi jenis radar. Satelit bumi dilengkapi dengan altimeter laser dan radar. Titik fokus pengukuran alat yang ada pada statelit ialah ketinggian perairan, daratan hingga lapisan es (icecap). Sedangkan untuk radar atau laser yang tertempel di penerbangan antariksa bertujuan untuk pemetaan satelit lain dan permukaan planet.

Pembagian jenis altimeter berdasarkan fungsi

Berbasis satelit

Konsep Altimeter yang berbasis satelit digunakan untuk penentuan penyusutan dan pemuaian laut akibat perubahan suhu. Fungsi lainnya yaitu pengukuran arah arus dan laju kecepatan air di perairan bebas, umumnya lautan. Tinggi icecap atau luasan di wilayah kutub juga sangat akurat bila pengukuran dilakukan dengan alat tipe pertama ini. Kondisi kutub sangat fluktuatif dan harus sering dipantau menggunakan peralatan yang menunjukkan hasil paling tepat.

Hal yang pertama kali dilakukan berupa pengukuran antara jarak satelit dengan permukaan air laut. Caranya, satelit dilacak menggunakan radio dan laser dari stasiun bumi memakai pendeteksian GPS (Global Positioning System). Peralatan GPS merupakan serangkaian sistem navigasi yang mencakup area seluruh dunia. Sinyal radio pancaran satelit tertangkap secara otomatis melalui isyarat tertentu. Data yang dihasilkan (ketinggian dan letak satelit) Altimeter selanjutnya dipakai guna menentukan jaraknya dari permukaan laut.

Radar, tekanan dan laser

Altimeter radar berfungsi untuk pengukuran waktu yang dibutuhkan sinyal radio guna melakukan pelacakan pancaran suatu objek. Benda yang dimaksud ialah satelit atau pesawat. Sedangkan jaraknya diukur dari titik tujuan dengan permukaan bumi hingga kembali lagi ke tempat asalnya. Alat berbasis laser sistem kerjanya hampir sama, hanya saja gelombang berjenis sinar laser. Daya tangkap radar menguasai gelombang radio, inilah perbedaan kedua jenis peralatan penguji karak tersebut.

Barometer aneroid ialah sebutan lain dari Altimeter tekanan. Hal itu karena kesamaannya dalam pengukuran efek tekanan udara di ruang logam yang keberadaan udara sengaja diminimalisir. Alat ini berguna untuk mengetahui jarak pesawat dari permukaan laut dan seberapa besar tekanan atmosfer bumi.

Paparan di atas bisa Anda jadikan sebagai gambaran bila hendak membeli Altimeter. Di ralali.com jual altimeter dengan pilihan merek dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.