Peran Lan Tester dalam Mengontrol Kenormalan Kabel UTP

0
Peran Lan Tester dalam Mengontrol Kenormalan Kabel UTP
Peran Lan Tester dalam Mengontrol Kenormalan Kabel UTP

Peran Lan Tester dalam Mengontrol Kenormalan Kabel UTP – Alat uji jaringan untuk pengecekan UTP atau kabel internet yang dilengkapi dengan jack RJ11/RJ45 ialah Lan tester. Alat tersebut memiliki led indikator, yang berfungsi untuk mengontrol kenormalan kabel yang Anda uji. Para teknisi sangat membutuhkan mesin ini saat melakukan kontrol pada sambungan data pada kantor atau gedung lainnya. Berhasil atau tidaknya seseorang menangani kerusakan, bergantung pada hasil pengecekan tester.

Bagaimanakah bentuk fisik kabel UTP?

UTP tersusun atas delapan unit kabel yang berpasangan yang membentuk empat pair. Masing-masing lilitan dan warnanya tidak sama serta memiliki perbedaan resisten. Arus data yang dihantarkan berbeda-beda. Satu paket kabel internet dibagi ke dalam dua RX (penerima data) dan TX (transfer data). Fokus Lan tester saat menguji ialah pada warna hijau-hijau putih dan orange-orange putih. Pin yang menjadi perhatian yakni nomor RJ-45 (1-2-3-6).

Ulasan di atas telah menyatakan bahwa Lan tester merupakan alat uji, jadi intinya harus tersedia kabel untuk diteskan. Potonglah kabel dengan ukuran sembarang, sesuaikanlah kebutuhan yang ingin Anda cek. Hilangkan lapisan luar kabel atau kulit, ukurannya yakni 1 inci atau sepanjang ruas jari dari ujungnya. Susunlah isi kabel menggunakan model straight atau cross (peer). Masing-masing memiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Straight menghubungkan antara komputer dan switch/Hud. Sedangkan Peer menyambungkan 2 komputer atau 2 switch/hub.

Ratakan kabel kecil yang telah tersusun menggunakan alat potong, misalnya gunting. Masukkan ke RJ45 dan tekan navigasi handle crimping tools di kedua ujung potongan kabel. Kabel yang lolos uji bisa langsung Anda pasangkan dengan switch. Pengerjaan kabel yang rusak karena faktor apapun tetap harus diuji sebagai penutup perbaikan objek. Inti dari penyelesaian permasalahan hanya ada satu, yakni kabel bisa difungsikan kembali seperti keadaan semula.

Local Area Nerwork terhubung menggunakan kabel khusus. Kondisinya harus selalu prima agar dapat berguna sesuai kebutuhan pengguna. Bila terjadi kendala pada data akses, pakailah Lan tester untuk mengetahui apakah ada yang terputus atau rusak. Kemudian lakukan perombakan ulang pada kabel yang bermasalah itu dan cek kembali memakai alat serupa. Pengontrolan berkala juga bisa dilakukan agar kabel senantiasa terjaga kualitasnya.

Ralali.com jual lan tester bermacam merek dengan kualitas terbaik. Varian dan tipe Lan tester sangat banyak akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.