Tahukah Kamu Perbedaan Baking Soda & Baking Powder ?

0

Banyak yang bertanya apakah baking powder bisa menggantikan baking soda, ataupun sebaliknya. Bahkan banyak juga yang berpikir kalau fungsi dan kegunaan kedua bahan ini sama saja.

Padahal meskipun punya nama yang hampir sama. Kedua bahan ini memiliki  penggunaan dan fungsi yang berbeda, dan tentunya akan berpengaruh pada hasil kue yang akan kamu jual. So, tunggu apalagi yuk kita kupas lebih dalam lag tentang perbedaan kedua bahan pengembang kue di atas

Kandungan Bahan

Baking soda merupakan pengembang kue dengan kandungan 100% natrium bikarbonat, yang bereaksi cepat jika dicampurkan dengan bahan cair maupun zat yang bersifat asam. Berbeda dengan baking powder yang merupakan campuran dari cream of tartar yang sudah terkandung asam didalamnya dan cocok digunakan untuk memanggang kue.

Fungsi bahan

Meskipun terlihat sama kedua pengembang kue ini mempunyai fungsi yang berbeda loh. Kalau biasanya baking soda cocok digunakan untuk membuat makanan yang diolah dengan cara di kukus, di panggang. Maka baking powder lebih cocok digunakan untuk jenis kue kering yang tidak mengandung asam.

Kegunaannya pada kue

Jika kamu membuat kue yang mengandung bahan asam seperti susu, cokelat, yogurt, dan buttermilk ada baiknya kamu menggunakan baking soda sebagai pengembang. Karena baking soda tidak akan bereaksi pada senyawa asam.

Tapi harus diingat nih, reaksi baking soda terbilang sangat cepat. Sehingga adonan harus sesegera mungkin di panggang/di kukus. Karena jika terlalu lama di luar, maka bisa dipastikan kue akan gagal mengembang atau bantat.

Sedangkan untuk adonan kue yang tidak mengandung asam gunakan baking powder sebagai pengembang. Karena baking powder sudah mengandung zat asam yang akan bereaksi menghasilkan gelembung-gelembung gas.

Perbedaan pengaruh rasa pada kue

Perbedaan mencolok lainnya antara baking soda dan baking powder ada di rasa akhir olahan kue itu sendiri. Karena penggunaan baking soda yang berlebihan dapat memberikan rasa getir pada hasil akhir olahan kue, namun tidak pada penggunaan baking powder.

Tips Memilih baking powder:

Ada 2 jenis baking powder yang beredar di pasaran, single-acting baking powder dan double-acting baking powder. Bedanya adonan kue yang menggunakan double-acting baking powder akan tetap mengembang bila dikukus/dipanggang. Lain halnya adonan dengan single-acting baking powder yang akan gagal mengembang jika tidak segera masuk oven/kukusan.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.