4 Pilihan Franchise Rumah Makan Padang Terbaik di Indonesia

0

Jika ingin makan yang banyak dan juga jaminan rasa sudah pasti enak, mungkin kebanyakan orang akan bilang kalau makan nasi Padang adalah yang paling terbaik. Ya, tentu saja banyak sekali yang bilang begitu karena nasi Padang ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terdiri dari banyak lauk yang sedap semua dengan rempah-rempah di setiap lauknya yang jangan sampai terlewatkan, apalagi rendang.

pilihan franchise rumah makan padang
imagesource : resepkoki

Masakan Padang memang digemari oleh banyak masyarakat di Indonesia. Walaupun dari daerah Padang, tapi Anda pasti bisa menemukan rumah makan Padang di berbagai daerah di Indonesia. Alasannya? Tentu saja anemo masyarakat yang sangat tinggi akan nasi Padang. Tentu saja ini menjadi ladang bisnis jika Anda memikirkannya, ladang bisnis F&B memang tidak ada matinya.

Karena itu, mungkin jika Anda tertarik dengan bisnis rumah makan Padang agar bisa mendulang banyak cuan ke kantong Anda, berikut ini ada beberapa franchise rumah makan Padang terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih salah satunya.

Franchise Rumah Makan Padang Sederhana

Salah satu rumah makan Padang yang paling besar di Indonesia dan bahkan telah melebarkan sayap nya di luar negeri adalah Rumah Makan Padang Sederhana. Rumah Makan Padang Sederhana berada di bawah naungan PT. Sederhana Citra Mandiri.

Sampai sekarang ini, sudah ada 100 gerai Rumah Makan Padang Sederhana yang merupakan campuran dari franchise, cabang, dan juga yang dikelola dari pihak keluarga.

Mungkin Anda pernah lihat di Rumah Makan Padang Sederhana ada kode SA, SB, dan SC. Nah, itu ternyata sebuah kode.

  • SA: Dibangun dengan resep yang otentik tanpa adanya campur tangan dari keluarga pemilik
  • SB: Franchise
  • SC: Usaha yang dibangun tanpa adanya campur tangan dari keluarga pemilik rumah makan yang otentik 

Baru sadar bukan? Tapi tentu saja itu tidak membuat Rumah Makan Padang Sederhana ini tidak memperdulikan kualitas dari pembeli franchisenya.

Untuk sistem waralaba, Rumah Makan Padang Sederhana menerapkan sistem investasi dimana investor memberikan modal awal. Modal awal dari Rumah Makan Padang Sederhana ini mencapai Rp 1 miliar dengan franchise fee Rp 95 juta. Dengan itu, PT. Sederhana Citra Mandiri akan memberikan tenaga kerja berupa juru masak yang sudah terlatih.

Walaupun investasi awalnya memang terbilang mahal, namun sepadan juga dengan keuntungan yang bisa didapatkan. Tau sendiri bukan kalau Rumah Makan Padang Sederhana memiliki pelanggan setia di seluruh Indonesia?

Franchise Rumah Makan Padang Sari Bundo

Ingin memiliki rumah makan Padang yang resep dan kualitas dari makanan dan juga pelayanannya tetap terjaga secara professional? Rumah Makan Padang Sari Bundo adalah jawaban yang paling tepat, karena itu adalah komitmen utama mereka.

Berdiri sejak tahun 1967, Rumah Makan Padang Sari Bundo sudah memiliki banyak gerai di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Kesuksesan Rumah Makan Padang Sari Bundo tak lepas dari masakan Padangnya yang di klaim sangat otentik.

Untuk kemitraannya, akan ditawarkan dua paket, yaitu:

  1. Paket flagship Rp 1,5 miliar
  2. Paket tipikal ruko Rp 500 juta

Biaya tersebut sudah termasuk manajemen franchise selama 5 tahun. Selain itu, pembeli franchise akan franchise fee 5% setiap tahunnya.

Anda memerlukan lokasi yang strategis untuk pembukaan Rumah Makan Padang Sari Bundo dan ada pembagian hasil penjualan 20% untuk investor dan 80% untuk Sari Bundo.

Franchise Rumah Makan Padang Ampera

Jika ingin mendapatkan profit yang banyak karena harga dari masakan Padangnya yang murah namun dengan cita rasa yang tinggi, Rumah Makan Padang Ampera adalah jawaban yang paling tepat. Warung Makan Padang Ampera dirintis oleh H. Tatang Sujani dan istrinya, St. E. Rochaety, pada 1963.

RM Padang Ampera menyajikan masakan Padang dengan bumbu khas dari Sumatera Barat. Ini merupakan salah satu daya tarik dari nasi Padang karena yang Anda tahu, bumbu khas masakan Padang berbeda-beda untuk setiap daerah asalnya.

Jika Anda ingin bekerjasama dalam bentuk kemitraan dengan RM Padang Ampera, tidak ada informasi yang jelas terkait dengan biayanya yang dijelaskan dari pihak manajemennya.

Tetapi, Yuheni yang adalah anak ke-lima Tatang menyatakan, prasyarat standar luas bangunan RM Padang Ampera minimal sekitar 2.000m2 persegi. Syarat bangunan yang cukup besar, tapi dapat dikatakan berimbang dengan potensi keuntungan yang akan didapatkan. 

Sebab, RM Padang Ampera sudah memiliki pelanggan di seluruh Indonesia. Secara pada jam-jam ramai seperti makan siang dan makan malam. Nantinya, RM Padang Ampera akan mengerjakan survei dan menyeleksi ketat calon mitra yang berharap bergabung. Di mana, untuk penyeleksian ini bukan cuma sekedar mengamati aset keuangan dari calon mitra. Tetapi juga, mengamati bagaimana potensi calon mitra dalam mengerjakan usaha resto.

Franchise Rumah Makan Padang Taraso

Dan terakhir, ada Rumah Makan Padang Taraso. Warung makan ini sudah ada sejak tahun 2015 dan mulai membuka kemitraan waralaba di tahun 2017. Memang namanya masih asing jika Anda berada di luar Jakarta, karena saat ini masih ada 8 gerai yang ada di wilayah Jakarta saja.

Uniknya, ini adalah salah satu franchise rumah makan Padang yang terbilang harganya masih murah, yaitu hanya dengan membayar investasi awal sebesar Rp 25 juta saja.

Dengan modal Rp 25 juta ini, Anda telah bisa menerima satu etalase kaca khas rumah makan Padang. Perlengkapan usaha bahkan komplit dengan neon box, pelatihan karyawan, dan bahan makanan Padang yang dijual sebanyak 100 porsi.

Dan yang paling penting, Anda tak perlu repot memasak karena RM Padang Taraso siap berjualan dan mengantarkan masakan kepada semua pembeli franchise nya setiap hari pukul 09.00 pagi.

Keuntungan dan Kerugian Memiliki Rumah Makan Padang

Memiliki usaha Rumah Makan Padang tentunya memiliki keunggulannya sendiri daripada bisnis makanan yang lain seperti warteg. 

Bisnis franchise warteg berikut ini juga ga kalah menariknya lo, bahkan ada yang lebih murah!

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga ada kekurangannya. Apa saja keuntungan dan juga kerugian dari memiliki RM Padang?

Keuntungan RM Padang:

  1. Memiliki banyak pelanggan setia
  2. Aneka masakan yang sangat banyak sehingga pembeli bisa dengan mudah memilih sesuai selera
  3. Profit yang sudah sangat jelas

Kekurangan RM Padang:

  1. Aneka masakan yang banyak terkadang memerlukan tenaga kerja ekstra untuk memasaknya
  2. Kebanyakan menggunakan santan tentunya akan menimbulkan ketidakmauan dari orang yang sedang diet atau takut dengan kolesterol

Kesimpulan

Walaupun ada kekurangan dari memiliki rumah makan Padang, tentu saja itu bukan sebuah alasan Anda mundur dari keinginan Anda untuk bisa berbisnis dalam ranah tersebut. Dilihat dari berbagai rekomendasi franchise rumah makan Padang saja mereka menjanjikan profit yang tinggi. Jadi, kenapa takut untuk mencobanya kalau belum tahu?

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.