Mengintip Potensi Bisnis Franchise Petshop Beserta Modal dan Syarat

0

Melihat masyarakat Indonesia tentang kecintaannya terhadap binatang peliharaan bisa menjadi potensi dalam membuka bisnis petshop. Memelihara binatang peliharaan merupakan hobi yang tergolong mahal.

mengintip potensi bisnis franchise petshop
imagesource : jejakpiknik

Hal ini diperkuat oleh statistik data dari American Pets Product Association mengatakan bahwa pemilik binatang peliharaan bisa mengeluarkan biaya perawatan sebesar US$ 60.28 miliar pada tahun 2015. 

Dengan uang sebesar itu tentu sangat besar sekali dan bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan bukan?  Nah bagi Anda yang berminat membuka usaha bisnis petshop bisa melihat artikel berikut ini.

Sebelum lanjut, pelajari juga sistem bagi hasil franchise berikut ini supaya lebih jelas!

Peluang Bisnis Franchise Petshop di Indonesia 

Dari penjelasan sebelumnya kita sudah dapat melihat bahwa peluang bisnis franchise petshop ini bisa berkembang karena orang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk binatang peliharaannya.

Selain itu juga Anda yang masih pemula namun passion dibidang binatang peliharaan dan ingin buka petshop maka bisa memanfaatkan bisnis franchise petshop yang sudah ada. Mungkin Anda berpikir mengapa tidak membuka petshop sendiri kenapa harus franchise?.

Salah satu hal yang paling penting dalam berbisnis adalah ketersediaan kebutuhan usaha Anda yang harus selalu ada. Nah dengan memulai bisnis dengan franchise ini maka Anda akan mendapatkan dukungan dari pemilih franchise dan bantuan kemitraan yang Anda butuhkan.

Dengan brand yang mapan maka Anda juga akan mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada membuat brand sendiri dari awal yang belum tentu terkenal.

Tips dan Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuka Franchise Petshop 

Anggap saja Anda sudah ingin membuka usaha dari franchise petshop ini namun belum tahu harus mempersiapkan apa saja untuk memulainya. Tenang berikut ini ada beberapa tips untuk Anda siapkan sebelum membuka franchise petshop.

  • Pilih mitra pet shop yang tepat

Pertama Anda harus menemukan mitra yang cocok. Lakukan analisis dan riset tentang mitra Anda terlebih dahulu. Seperti misalnya lihat bagaimana reputasinya di masyarakat, apakah sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat atau belum. Dengan mengetahui ini semua Anda setidaknya tidak mengalami kesulitan dalam pengembangan terhadap pemasaran produk yang dipasarkan.

  • Konsultasi dengan mitra

Jika sudah menentukan mitra Anda maka hendaknya tanyakan semua yang perlu Anda tanyakan seperti misalnya persyaratan, biaya investasi, perkiraan keuntungan, dukungan, dan lain sebagainya.

  • Tentukan lokasi yang strategis

Tak lupa soal lokasi dimana nanti petshop Anda akan dibangun. Karena setiap lokasi akan menentukan pasar Anda juga. Hendaknya Anda buka petshop di sekitar pemukiman yang terdapat banyak penduduk yang memiliki binatang peliharaan.

  • Memilih karyawan yang pecinta binatang

Anda berbisnis di bidang petshop maka Anda harus memiliki karyawan yang mencintai binatang peliharaan.

Rekomendasi Franchise Petshop Beserta Perkiraan Modal dan Syaratnya

Berapa modal buka pet shop? Dan apa saja persyaratannya mari kita simak satu persatu di rekomendasi franchise petshop dibawah ini.

1. Franchise Petshop Indonesia

Franchise Petshop Indonesia adalah salah satu pelopor petshop di Indonesia dengan menyediakan berbagai perlengkapan untuk binatang peliharaan Anda dari brand lokal hingga internasional.

Petshop Indonesia lebih dari 5.000 produk untuk memenuhi kebutuhan hewan Anda dengan berbagai produk dari berbagai kategori seperti makanan, vitamin, obat-obatan, aksesoris, mainan, kandang, baju, dan masih banyak lagi.

Selain menyediakan kebutuhan hewan, Petshop Indonesia juga menyediakan layanan pet grooming untuk mempercantik binatang kesayangan Anda. Pet training untuk membuat binatang peliharaan Anda menjadi lebih patuh. Pet klinik untuk memeriksa kesehatan binatang peliharaan Anda dengan dokter hewan profesional.

Petshop Indonesia saat ini menawarkan paket franchise dengan harga diantara Rp 500 juta hingga Rp 900 juta. Biaya ini sudah termasuk dengan lisensi, perlengkapan, dan peralatan yang lengkap.

2. Franchise My Pets

Franchise My Pets merupakan salah satu pelopor bisnis petshop yang ternama di Indonesia. Pertama kali berdiri di Kota Medan pada tahun 2010 hingga saat ini sudah banyak outletnya yang tersebar di berbagai wilayah seperti Jawa, Pekanbaru, dan Palembang.

Waralaba My Pets ini mirip seperti minimarket pada umumnya namun fokus spesialis di bidang penyediaan kebutuhan hewan peliharaan dan aksesoris. Dalam menjaga dan menjamin kualitas produk dan layanan franchise lebih menguntungkan, maka untuk manajemen dan penyediaan barangnya disediakan pihak franchisor.

Maka untuk calon mitra franchise My Pets hanya menyiapkan dana dan juga tempat. Selebihnya akan diatur oleh My Pets.

Terkait berapa modal untuk usaha franchise My Pets, Anda harus mempersiapkan dana berkisar antara Rp 75 juta hingga Rp 400 juta tergantung dengan paket investasi yang dipilih serta lokasinya. Diluar itu Anda tetap menyiapkan dana tak terduga seperti biaya renovai, listrik, air, dan biaya entry fee Rp 50 juta.

Untuk soal omzet My Pets mengklaim Anda bisa mendapatkan sekitar Rp 100 juta tergantung lokasi dan berapa lama toko dibuka. Setidaknya memakan waktu 2 tahun untuk balik modal.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi My Pets untuk bisa memesan kebutuhan hewan peliharaan lewat aplikasi.

Kelebihan Franchise Petshop

Setiap bisnis pasti memiliki resiko namun juga pasti memiliki kelebihannya tersendiri tak terkecuali di bidang franchise Petshop, berikut ini adalah beberapa kelebihan franchise Petshop yang menjadi bisnis yang menguntungkan:

  • Menjalankan bisnis dengan lebih cepat

Dalam bisnis franchise terutama di bidang petshop Anda tidak perlu lagi repot-repot memulai menyiapkan semua kebutuhan bisnis karena langsung disiapkan oleh pemilik waralaba. Kebutuhan bisnis ini bisa berupa tempat usaha, perlengkapan, peralatan, hingga dukungan bisnis lainnya.

  • Memiliki mitra yang profesional

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis franchise adalah Anda memiliki mitra yang profesional dan bisa mendukung Anda dalam pengembangan bisnis.

  • Tidak perlu branding lagi

Karena Anda memilih membeli franchise yang sudah ada sejak dulu maka Anda otomatis brand petshop yang Anda jalankan sudah dikenal banyak orang.

  • Supplier perlengkapan Petshop sudah terpenuhi

Memiliki mitra franchise maka Anda sudah memiliki supplier tetap yang disediakan oleh pemilik franchise, dalam hal ini makanan hewan, aksesoris, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari bahasan kita diatas tentang franchise maka kita dapat simpulkan bahwa menjalankannya memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun omzet berbisnis petshop ini bisa sangat besar melihat orang Indonesia juga memiliki antusias yang tinggi terhadap perawatan hewan peliharaan mereka. Bagaimana apakah Anda berminat berbisnis petshop?.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.