6 Rekomendasi Franchise 10 Jutaan Paling Laku di Indonesia

0

Seperti yang telah diketahui bahwa menjalankan bisnis franchise merupakan salah satu solusi untuk para pelaku usaha yang ingin membuka bisnis. Karena dengan menjalankan model bisnis ini, anda dapat menyesuaikan modal dan cenderung lebih mudah untuk menjangkau target pasar.

rekomendasi franchise 10 jutaan
imagesource : konsultanku

Sebelum ke rekomendasi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu franchise atau waralaba. Franchise adalah sebuah bisnis yang dioperasikan atau dimiliki oleh beberapa individu tetapi tetap berada dibawah satu brand yang sama.

Rekomendasi franchise dibawah 10 juta ini juga gak kalah menguntungkan lo!

Lalu apa saja rekomendasi bisnis franchise dengan modal 10 jutaan yang laku? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Franchise Nyoklat Klasik

Brand yang dibangun pada tahun 2013 ini telah memiliki setidaknya 2125 gerai di seluruh indonesia pada tahun 2018. Nyoklat Klasik sendiri menawarkan paket usaha yang sedikit berbeda, diantara paket yang ditawarkan ada yang diberi nama gold dan platinum. Berbeda dengan penawaran lainnya, keduanya menawarkan kesempatan bagi mitranya untuk menjual lisensi silver.

Silver sendiri adalah penawaran standart dengan booth rombong. Jika anda membeli paket gold atau platinum, maka anda akan mendapatkan lisensi untuk menjual lisensi di daerah yang ditentukan manajemen. Untuk gold 1 kotamadya sedangkan untuk platinum 1 provinsi.

Jika berminat untuk bermitra dengan Nyoklat Klasik, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon mitra. 

  • Lokasi 

karena Nyoklat Klasik memiliki target pasar anak-anak sekolah, maka idealnya gerai berlokasi di area sekolah atau area seperti pusat keramaian.

  • Ukuran area

Kemudian ukuran area, pertama tentukan terlebih dahulu paket mana yang ingin dipilih. Paket silver adalah paket paling standart yang nantinya mitra akan berjualan rombong dan jarak antar gerai. Rombongan ini memiliki ukuran 120×60 cm, jadi pastikan tempat ingin digunakan cukup.

  • Jarak antar gerai

Dalam satu kota kecil, jarak minimal antar mitra adalah 5km sedangkan untuk kota besar jarak 2km. Namun jika mitra adalah orang yang sama, maka aturan ini dapat direvisi oleh pihak franchise.

Untuk paket silver dipatok dengan harga Rp12 juta, paket kontainer Rp14 juta dan paket bar dengan harga Rp17 juta. Ketiganya telah meliputi biaya konstruksi dan renovasi, bahan baku, peralatan dan atribut.

Sedangkan untuk paket gold dan platinum sebenarnya mendapat fasilitas yang hampir sama, bedanya adalah kesempatan untuk menjual paket silver dan melakukan blocking area. Paket gold sendiri dipatok dengan harga Rp  250 juta.

2. Franchise Tahu Go!

Tahu Go merupakan bisnis kuliner yang menjual tahu kriuk. Didirikan pada awal tahun 2020 dan sekarang telah memiliki 800 mitra di berbagai daerah. Yang menarik adalah Tahu Go lebih memilih berjualan dengan konsep gerobak dibanding kafe atau restoran, alasannya adalah karena mereka terinspirasi dari penjual jajanan di sekolah-sekolah yang mana memiliki banyak peminat dan awet bertahun-tahun.

Tahu Go menawarkan dua paket usaha yang dapat dipilih yaitu paket langsung usaha dan paket usaha autopilot.

Untuk paket usaha langsung dibanderol dengan harga Rp21,5 juta. Paket usaha langsung berarti seluruh operasional dijalankan oleh mitra sendiri dan biaya tersebut belum termasuk dengan tempat usaha.

Sementara untuk paket auto pilot,  seluruh operasional akan ditanggung oleh pihak Tahu Go meliputi tempat usahanya. Pemilik hanya perlu memantau, menerima laporan dan mendapat laba. Paket ini dipatok dengan harga Rp50 juta per dua tahun.

3. Franchise Kue Balok Parikesit

Mencoba bisnis makanan tradisional mungkin dapat menjadi pilihan, salah satu bisnis yang membuka opsi franchise adalah Kue Balok Parikesit yang menawarkan makanan tradisional khas jawa barat dengan berbagai inovasi pada produknya sehingga dapat menarik kalangan generasi muda.

Kue Balok Parikesit adalah kue balok lumer yang diolah menggunakan cetakan khusus dan dimasak dengan arang, sehingga memiliki cita rasa yang khas, bertekstur lembut dan memiliki beragam topping.

Kue Balok Parikesit sendiri menawarkan 4 pilihan paket franchise yaitu paket full set dengan harga Rp17,6 juta, paket tanpa tenda Rp 16,6 juta, paket tanpa booth Rp15,1 juta dan paket tanpa tenda dan tanpa booth dengan harga Rp14,1 juta.

Didalam paketnya, anda akan mendapatkan berbagai peralatan seperti peralatan masak, banner, seragam, packaging dan lainnya.

4. Franchise Tahooe

Tahooe adalah sebuah bisnis yang didedikasikan untuk membuat makanan dengan bahan baku soya atau kacang kedelai, yang mengusung cita rasa tradisional yang dipadukan dengan konsep modern.

Bisnis yang didirikan pada tahun 2017 ini kini telah memiliki 40 gerai yang tersebar di indonesia. Untuk bermitra dengan Tahooe, calon mitra perlu merogoh kocek sebesar Rp15 juta dan biaya royalty sebesar 5% dari omzet. Namun, sayangnya untuk syarat dan ketentuan mengenai kemitraan, pihak Tahooe belum memberitahu kepada umum.

5. Franchise Mommilk Express

Selanjutnya adalah franchise Mommilk Express. Karena banyak sekali yang menyukai olahan dari susu sapi, membuat franchise Mommilk Express menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Terdapat 2 pilihan paket franchise yang dapat dipilih oleh calon mitra, meliputi :

  • Paket exclusive

Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp20 juta jika memilih paket ini, dan akan mendapat fasilitas mulai dari booth premium (ukuran 160cm x 660cm x 110cm), peralatan operasional, bahan baku untuk 300 porsi, cup sealer hingga 2 set seragam.

  • Paket basic

Untuk paket ini dibandrol dengan harga Rp12,9 juta dan akan mendapatkan fasilitas meliputi gerobak, peralatan operasional, bahan baku untuk 150 porsi hingga 1 seragam (polo).

6. Franchise Tahu Kriuk Boss

Yang terakhir adalah franchise Tahu Kriuk Boss, Tahu Kriuk Boss menawarkan cita rasa yang baru kepada para pecinta kuliner tahu goreng. Dengan menggunakan resep khusus dan tahu yang selalu fresh, membuat Tahu Kriuk Boss memiliki pasar yang luas.

Untuk bergabung dengan kemitraan Tahu Kriuk Boss, anda perlu menyiapkan modal sebesar Rp17,5 juta dan berikut adalah paket yang didapatkan :

  • 1 unit gerobak usaha
  • Peralatan dapur
  • Bahan baku
  • Peralatan operasional
  • Standing banner
  • 2 set seragam

Sayangnya, pihak Tahu Kriuk Boss belum memberi tahu syarat untuk bergabung dengan kemitraan secara luas.

Tips Dalam Menjalankan Bisnis Franchise 10 Jutaan

Jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis franchise, ada beberapa tips yang bisa di aplikasikan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis franchise :

1. Pilih bisnis yang sesuai

Berbisnis sebenarnya sama seperti menggeluti sebuah hobi, jika anda tidak menyukainya mana bisnis tidak akan berjalan optimal. Sebelum memutuskan bisnis yang ingin dipilih, carilah informasinya terlebih dahulu dan lihat apakah bisnis tersebut sesuai dengan anda.

2. Tentukan lokasi bisnis yang strategis

Lokasi yang strategis menjadi salah satu syarat ketika memulai bisnis. Mungkin merek yang anda beli sudah terkenal, namun jika meletakkannya di lokasi yang tidak sesuai maka kesuksesan anda dapat terhalang.

Pilih tempat yang berada pusat keramaian supaya bisnis anda dapat terlihat dengan jelas.

3. Kenali potensi dasarnya

Setelah mengecek bisnis yang akan dipilih, kenali juga segmentasi pasarnya, daya beli, kebutuhan dan minat masyarakat setempat terhadap produk yang akan anda pilih.

Melakukan analisa terhadap segmentasi pasar ini sangat penting, karena memiliki keterkaitan dengan pengembalian modal bisnis dan berapa lama bisnis dapat berjalan.

Kesimpulan

Franchise menjadi ide bisnis yang memiliki peluang besar dalam meraih kesuksesan, karena terdapat banyak pilihan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.