Resep Cara Membuat Sambal Matah yang Mudah dan Nikmat

0

resep-cara membuat sambal matah

Banyak orang Indonesia yang merasa kurang lengkap jika makan tanpa menggunakan sambal. Sebagai makanan pelengkap saat bersantap, sambal sangat pas digabungkan dengan berbagai jenis masakan. Sensasi dari sambal yang pedas bisa membuat penikmatnya ketagihan. Hampir masing-masing daerah memiliki sambal yang khas.

Jika berbicara mengenai sambal, maka sudah berkembang banyak sekali ragam jenis sambal yang telah ada. Baik itu sambal yang digoreng maupun sambal yang penyajiannya secara mentahan saja. Tentunya setiap sambal mempunyai cita rasa khas tersendiri. Ada sambal yang sangat pedas, ada juga sambal yang terasa pedas manis. Untuk memilih sambal sebagai lauk makan itu tergantung dari selera masing-masing orang.

Sambal Bahan Segar Yang Terkenal di Indonesia

Dua sambal segar yang paling terkenal yaitu sambal matah dan dabu-dabu. Keduanya merupakan sambal yang berasal dari bahan mentah segar. Untuk proses pembuatannya tidak digoreng dan diuleg. Hal ini yang membedakan dengan sambal lainnya. Meskipun sambal matah dan dabu-dabu terlihat sama, namun ternyata kedua sambal ini memiliki perbedaan.

Dabu-dabu berasal dari bahasa Manado, Sulawesi Utara yang memiliki arti sambal. Di Manado sendiri, ada banyak jenis dabu-dabu. Diantaranya yaitu dabu-dabu lilang, dabu-dabu bakasang, dabu-dabu roa dan dabu-dabu kuning. Dabu-dabu yang paling banyak dikenal adalah dabu-dabu lilang yang memiliki arti sambal yang dipotong-potong.

Sambal matah merupakan variasi sambal iris mentahan yang enak, menyegarkan dan bisa dibuat dengan cara yang sederhana. Sambal matah termasuk sambal nusantara yang sangat populer dikalangan banyak orang. Sambal matah ini berasal dari Bali.

Untuk perbedaannya, sambal dabu-dabu menambakan bahan berupa irisan tomat baik hijau maupun merah dan juga daun kemangi. Hal ini berbeda dengan sambal matah yang menambahkan irisan sereh dan daun jeruk, sehingga ada warna putih dan hijau pada sambal matah jika mau melihatnya secara teliti.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara membuat Sambal Matah yang maknyus supaya Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu sambal matah. Berikut penjelasannya.

Pengertian Sambal Matah

Sambal matah adalah salah satu jenis sambal yang berasal dari Bali. Kata matah dalam bahasa Bali memiliki arti mentah atau belum dimasak. Sambal matah ini sangat terkenal hingga menjadi ikon sambal Bali. Sambal matah merupakan sambal khas dari Bali yang memiliki cita rasa unik dan tidak perlu diragukan lagi.

Sambal matah ini adalah sambal iris yang pengolahannya hanya menggunakan siraman dari minyak panas kecombrang. Dalam Sundanya biasanya sering digunakan untuk memberikan sensasi rasa atau aroma yang lebih khas. Sambal matah disediakan dan dijual banyak di warung-warung. Bahkan kini banyak restoran yang menyediakan sambal matah sebagai salah menunya.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu ke restoran untuk menikmati sambal matah karena Anda bisa membuatnya sendiri. Untuk membuatnya sangat mudah. Selain itu jika membuat sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya pengeluaran Anda. Untuk Anda yang ingin membuat sambal matah sendiri di rumah, berikut ini ada resep cara membuat Sambal Matah spesial khas Bali yang maknyus dan bisa Anda coba terapkan.

Bahan dan Bumbu Sambal Matah

Sebelum membuat sambal matah, Anda harus mengetahui bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Berikut ini merupakan daftar bahan dan bumbu untuk membuat sambal matah.

  • Bawang putih 3 siung yang sudah diiris tipis.
  • Bawang merah 10 butir yang sudah diiris tipis.
  • Daun jeruk 4 lembar yang sudah diiris tipis.
  • Serai 2 batang ambil yang putihnya saja kemudian iris tipis.
  • Jeruk nipis 1 buah lalu peras airnya.
  • Cabe rawit merah sejumlah 12 buah lalu iris kecil.
  • Terasi bakar sebanyak ½ sdt yang telah dihaluskan.
  • Gula pasir sebanyak ½ sdt.
  • Garam sebanyak ¼ sdt.
  • Minyak goreng yang panas 10 sdm.

Setelah semua bahan dan bumbu telah siap, sekarang saatnya Anda bisa mencoba membuat sambal matah khas Bali yang nikmat. Cara pembuatannya sangat mudah sekali. Berikut ini penjelasannya.

Proses Pembuatan Sambal Matah

Membuat sambal matah sangat mudah dilakukan. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk membuat sambal matah, diantaranya yaitu:

  • Semua bahan dan bumbu sambal matah seperti yang tertera di atas, dimasukkan ke dalam wadah atau mangkuk. Kemudian aduk dan tuangkan minyak panas. Setelah itu, aduklah hingga merata menggunakan sendok sambil menunggu minyak panas tersebut cukup dingin.
  • Aduklah dan juga remas menggunakan tangan bersarung tangan plastik sampai merata.
  • Jika sudah selesai, tuanglah sambal matah tersebut ke dalam piring atau mangkuk saji, lalu sambal matah pun siap Anda di hidangkan dan di sajikan.

Diatas merupakan penjelasan mengenai Cara Membuat Sambal Matah yang maknyus bisa Anda coba buat sendiri di rumah daripada harus membelinya. Selain memiliki rasa yang maknyus tentunya mudah untuk dibuat. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi untuk membuat sambal matah.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.