Inilah Cara Merawat dan Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung

0

cara menggunakan mesin cuci 1 tabung

Mesin cuci terbagi menjadi 2 jenis yaitu mesin cuci front load yaitu bukaan depan dan mesin cuci top load yaitu bukaan atas. Mesin cuci jenis bukaan atas mempunyai dua jenis yaitu mesin cuci dengan 1 tabung dan 2 tabung. Untuk Cara Menggunakan Mesin Cuci dengan jenis 1 tabung dan 2 tabung akan berbeda. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara penggunaan mesin cuci jenis 1 tabung. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui jenis mesin cuci terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

Mesin Cuci Jenis Front Load 1 Tabung dan Jenis Top Load 2 Tabung

  • Mesin Cuci Jenis Front Load 1 Tabung
    Mesin cuci jenis front load mempunyai pintu yang ada di bagian depan. Mesin cuci jenis ini sering dipakai oleh jasa binatu karena dianggap efektif untuk membersihkan pakaian yang dicuci. Harga mesin cuci jenis ini secara umum lebih mahal.Mesin cuci ini bisa menjalankan berbagai siklus yaitu pengisian air, pencucian serta pengeringan dengan cara otomatis. Pada saat mesin cuci ini beroperasi, Anda tidak perlu menunggunya karena mesin cuci bisa memberikan pemberitahuan yang pada umumnya berupa alarm suara jika siklus pengeringan telah selesai.
  •  Mesin Cuci Jenis Top Load 2 TabungMesin cuci jenis top load menggunakan 2 tabung ini bisa disebut juga sebagai mesin cuci manual. Disebut sebagai mesin cuci manual karena Anda harus memindahkan pakaian yang telah Anda cuci dari tabung pencucian dengan cara manual ke tabung pengeringan.Mesin cuci ini tidak dapat menjalankan siklus pencucian dengan cara otomatis, jadi Anda harus mengisi air serta menekan tombolnya dengan cara manual. Mesin cuci jenis top load 2 tabung merupakan jenis mesin cuci yang lebih murah jika dibandingkan dengan mesin cuci jenis 1 tabung.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 Tabung Otomatis

Mengikuti instruktur atau panduan pada buku yang telah disediakan ketika membeli mesin cuci 1 tabung akan membantu Anda untuk mengetahui cara pemakaiannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah mengoperasikan mesin cuci 1 tabung, diantaranya yaitu:

  • Lakukan instalasi mesin cuci 1 tabung supaya terhubung dengan sumber air yang nantinya digunakan untuk mencuci. Anda bisa menghubungkan mesin cuci 1 tabung dengan keran maupun pompa air yang terdekat. Mesin cuci yang otomatis secara umum bisa mengisi air sendiri dengan cara otomatis.
  • Masukkanlah pakaian yang akan Anda cuci ke dalam suatu mesin cuci.
  • Tuangkanlah deterjen yang khusus dipakai untuk mesin cuci. Sesuaikanlah jenis deterjen dengan mesin cuci yang Anda pakai, baik itu jenis top load maupun jenis front load.
  • Tutuplah pintu dari mesin cuci lalu nyalakan tombol start, kemudian pilihlah siklus pencucian yang sesuai dengan jenis pakaian yang Anda cuci.
  • Tunggulah hingga mesin cuci tersebut menyelesaikan siklus pencucian, pembilasan serta pengeringan. Setelah itu keluarkan pakaian yang telah Anda cuci tersebut dari mesin cuci, kemudian jemur pakaian di tempat yang berangin sampai kering.

Cara Melakukan Perawatan Mesin Cuci yang Benar

Selain mengetahui Cara Menggunakan Mesin Cuci yang benar, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan terhadap mesin cuci. Perawatan ini perlu dilakukan agar mesin cuci menjadi lebih awet dan tahan lama. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin cuci, diantaranya yaitu:

  • Bukalah pintu dari mesin cuci jika tidak digunakan. Hal ini perlu dilakukan karena dengan membuka pintu mesin cuci pada saat mesin tersebut dalam kondisi mati atau tidak sedang dipakai, maka bisa menghindarkan mesin dari adanya kelembaban.
  • Biarkanlah bagian dalam dari mesin cuci mengering dengan alami. Tabung dari mesin cuci yang lembab bisa menjadi tempat jamur dan bakteri bersarang dan bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Selalu bersihkan mesin cuci dengan cara berkala. Yaitu membersihkan selang, bagian dalam tabung dan juga pintu dari mesin cuci.
  • Untuk membersihkan bagian tersebut gunakanlah air hangat serta lap kering. Cara ini sangat efektif dilakukan untuk membersihkan kotoran, debu dan residu dari deterjen yang tertinggal.
  • Pastikan kabel dan selang tidak terlilit pada saat mesin cuci selesai dipakai untuk mencegah adanya korsleting. Kemudian simpan kabel dan selang tersebut dengan rapi.
  • Gunakanlah merk deterjen yang cocok dengan jenis mesin cuci. Ada deterjen khusus untuk mesin cuci yang dibedakan berdasarkan jenis mesinnya dan di formulasikan untuk membersihkan pakaian-pakaian dengan cara optimal. Deterjen ini juga telah disesuaikan terhadap kinerja mesin itu sendiri. Misalnya saja dengan menggunakan deterjen mesin cuci jenis front load memiliki residu busa yang lebih sedikit supaya busa dari deterjen tidak tumpah ketika pintu mesin cuci dibuka.

Diatas merupakan Cara Menggunakan Mesin Cuci 1 tabung yang harus Anda ketahui sebelum mengoperasikannya dan juga cara perawatan pada mesin cuci agar mesin cuci awet. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat mencoba.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.