Seberapa Penting Keselamatan Kerja dan Indikatornya ?

0
fungsi keselamatan kerja jual alat safety
Image: www.selectinternational.com

Seberapa Penting Keselamatan Kerja dan Indikatornya ? – Pengertian mengenai keselamatan kerja saat ini masih kurang diperhatikan oleh setiap pekerja. Kasus kecelakaan kerja yang terjadi merupakan bukti bahwa rendahnya kesadaran pekerja dalam memperhatikan pentingnya keselamatan kerja. Hal itu bisa dilihat dari keterbatasan dalam fasilitas keamanan kerja, minimnya pengetahuan mengenai prinsip keselamatan, dan kurangnya perlindungan asuransi untuk setiap pekerja dari pihak perusahaan.

Baca: Bagaimana Agar Keselamatan Kerja di Pabrik dapat Terjamin ?

Pengertian pentingnya keselamatan kerja ialah suatu langkah untuk menjamin keselamatan, baik itu secara fisik ataupun secara mental dalam usaha mencegah terjadinya kecelakaan serta mencegah terjadinya penyakit akibat pekerjaan. Adapun tujuan pentingnya keselamatan kerja ini ialah untuk keamanan, melindungi kesehatan serta keselamatan setiap tenaga kerja. Selain itu bisa meningkatkan efisiensi kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan serta penyakit akibat kerja.

Adapun contoh dari cara menjaga keselamatan kerja ialah sebagai berikut.

  • Mengendalikan keselamatan serta kesehatan kerja secara teknik. Pengendalian teknik dari K3 ialah dengan mengganti semua peralatan serta perlengkapan kerja yang tak aman, mengolah semua bahan kimia berbahaya dengan cara aman, adanya ventilasi udara di dalam ruangan yang cukup.
  • Mengatur sistem administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Untuk pengaturan sistem administrasi yang berkaitan dengan K3 ialah pengaturan waktu “Shift” yang sesuai, memasang tanda-tanda bahaya di area yang berisiko terjadinya bahaya, mendata semua bahan berbahaya, dan melakukan penelitian terhadap penanganan darurat apabila terjadi kecelakaan kerja.
  • Membuat sistem pengamanan keselamatan kerja. Sistem pengamanan pada suatu tindakan keselamatan kerja ialah pelindungan badan, listrik, mesin serta ruangan. Contoh perlindungan badan sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan kerja ialah memakai alat pelindung diri seperti Helm Safety, Sepatu Safety, Kacamata Safety, masker, pelindung wajah, dan yang lainnya.

Indikator Keselamatan Kerja.

Pengertian mengenai pentingnya keselamatan kerja bisa dilihat dari indikatornya. Untu indikator keselamatan serta kesehatan kerja yaitu:

Indikator fisik manusia semisal kemampuan fisik, stres, keterampilan bekerja, serta motivasi kerja.

Indikator lingkungan semisal sedu ruangan, kondisi area kerja, penerangan, situasi kerja, kebisingan dan peralatan serta perlengkapan yang dipergunakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka bisa disimpulkan bahwa pengertian akan pentingnya keselamatan kerja ialah suatu bentuk usaha atau upaya supaya setiap pekerja bisa mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sewaktu menjalankan pekerjaan dari semua hal yang bisa mengancam keselamatan serta kesehatan dirinya. Pentingnya keselamatan kerja adalah tanggung jawab perusahaan, pekerja, dan semua orang yang berada di area tersebut. Gunakanlah Alat Pelindung Diri (APD) atau alat safety sesuai dengan standar.

Untuk melihat berbagai alat safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat safety dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.