Seperti ini Cara Kerja Speaker

0
Seperti ini Cara Kerja Speaker
Image: Ralali.com

Cara Kerja Speaker – Banyak kegiatan disekitar Anda yang ternyata memakai dan membutuhkan speaker. Untuk bernyanyi dan menikmati lagu atau untuk menarik perhatian pendengar saat berpidato atau berbicara di tempat yang cukup luas. Lalu seperti apakah cara kerja speaker itu?

Speaker sangat erat kaitannya dengan suara. Suara adalah ungkapan yang biasanya mengacu pada frekuensi yang dapat ditangkap telinga manusia (20 Hz – 20.000 Hz). Suara dihasilkan dari fluktuasi tekanan udara yang disebabkan oleh gerakan atau getaran suatu objek. Ketika sebuah benda bergerak atau bergetar, akan terkirim energi kinetik ke partikel udara di sekitarnya. Analogi yang paling umum untuk menggambarkannya adalah dengan fenomena gelombang pada air. Frekuensi adalah istilah untuk menggambarkan panjang gelombang tunggal. Frekuensi dipegaruhi oleh kecepatan getaran dari objek suara. Getaran lambat menyamakan frekuensi suara rendah dan getaran lebih cepat mengacu pada suara frekuensi yang lebih tinggi.

Cara Kerja Speaker

Cara kerja speaker cukup sederhana. Speaker akan mengubah sinyal listrik menjadi energi akustik atau suara. Di dalam bagian speaker terdapat kerucut yang menjadi massa bergerak utama speaker. Semakin besar kerucut, maka semakin besar juga wilayah dari massa dan permukaan speaker. Semakin luas permukaan speaker, maka semakin banyak udara yang dapat bergerak. Semakin banyak udara yang bergerak, maka semakin keras suara yang dihasilkan dari speaker.

Bagian lain yang terdapat di dalam speaker adalah suspensi dan spider menjaga gulungan suara dan bertindak seperti per ketika speaker bergerak. Suspensi menarik kerucut kembali ke posisi tengah ketika sedang bergerak bolak-balik. Jika tidak ada suspensi maka tidak ada yang menahan kumparan suara dan kerucut untuk tetap ditempatnya. Kelenturan, komposisi, dan desain suspensi dapat sangat mempengaruhi kinerja speaker.

Driver merupakan speaker yang memiliki fungsi untuk mengisi dan menyuarakan dalam jangkauan jarak tertentu suatu frekuensi. Terdapat tiga jenis driver yaitu woofer, midrange, dan tweeter. Woofer berfungsi untuk memproduksi frekuensi rendah dan menjadi bagian terbesar dalam driver. Midrange berfungsi untuk memproduksi frekuensi midrange. Sedangkan tweeter berfungsi untuk memproduksi frekuensi tinggi.

Anda pernah mendengar mengenai sub woofer? Sub woofer adalah driver khusus yang berfokus untuk mereplikasi frekuensi yang sangat rendah, yang tidak dapat ditangkap oleh telinga. Sub woofer dapat memberikan nuansa home theater ke rumah Anda dan terasa seperti perangkat suara di bioskop. Sub woofer juga membuat suara musik menjadi lebih hidup. Tanpa harus dengan suara keras, Anda bisa menikmati sensasi musik yang jernih dengan nyaman di telinga Anda.

Dengan mengetahui bagaimana speaker dapat menghasilkan suara tentunya akan menambah pengetahuan dan rasa baru dalam pengalaman mendengarkan. Pengetahuan tentang speaker juga dapat membantu Anda dalam mengoperasikan speaker serta membantu dalam memilih speaker yang Anda butuhkan.

Untuk melihat berbagai jenis speaker dengan harga dan varian tipenya yang beragam, Anda dapat cek di website Ralali. Tersedia speaker di Ralali.com yang bisa Anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar