Seperti ini Cara Merawat dan Meletakkan Genset yang Benar

0
Cara merawat genset
Cara merawat genset – Image: www.ideaonline.co.id

Cara merawat genset – Semakin lama cadangan energi listrik semakin menyusut. Apabila terjadi pemadaman listrik maka akan mengakibatkan kerusakan dan membuat aktivitas terganggu. Genset atau generator set merupakan alat yang bisa menghasilkan energi listrik selama berjam-jam secara terus menerus sebagai sumber listrik. Entah itu sebagai catu daya siaga maupun selama keperluan listrik darurat.

Sama seperti alat lainnya, genset pun perlu dilakukan perawatan secara teratur supaya selalu menghasilkan listrik yang berkualitas dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah, berikut ini cara merawat genset.

Cara Merawat dan Meletakkan Genset yang Benar

Nyalakan Genset secara berkala meskipun tidak sedang digunakan.

Genset adalah peralatan mekanik yang terdiri dari mesin, oli, serta perangkat yang lainnya. Pastinya apabila dipergunakan dalam waktu yang lama maka akan merusak sparepartnya. Jika genset tak digunakan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya panaskan ataupun nyalakan genset satu Minggu sekali selama 15 menit, hal ini bertujuan untuk membuat komponen yang ada di dalam genset tetap terjaga dengan baik meskipun tak digunakan.

Pengujian Baterai

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada baterainya, maka baterainya mesti tetap terisi penuh serta terawat dengan baik. Inspeksi serta pengujian yang konstan sangatlah penting untuk mengetahui status baterai dan untuk menghindari kegagalan mesin sewaktu dinyalakan.

Sistem Bahan Bakar

Apabila genset tidak digunakan maka filter bahan bakar mesti dikeringkan. Apabila Anda berencana menyimpan bahan bakar untuk jangka waktu yang begitu lama, maka gunakanlah bahan bakar yang berkualitas seperti bahan bakar Bio-diesel.

Sistem Pendinginan Mesin

Sistem pendingin mesin harus selalu diperiksa. Sesudah mesin dimatikan, sebaiknya buka tutup radiatornya untuk mendinginkan mesin. Saluran pendinginnya mesti selalu diperiksa serta selalu dibersihkan dari bermacam kotoran maupun debu.

Penggantian Oli

Gantilah oli secara teratur sesuai dengan jangka waktu yang disarankan. Tujuan mengganti oli secara teratur yaitu supaya udara yang keluar dari saluran pembuangan tidak kotor serta tak membahayakan lingkungan.

Pemeriksaan Umum

Sewaktu genset beroperasi, periksalah sistem pembuangan, sistem listrik DC, sistem bahan bakar. Jika terdapat kebocoran maka mesti segera ditangani supaya hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

Baca: 5 Penyebab Mengapa Accu Genset Meledak

Posisi Tepat Meletakkan Generator

Sewaktu meletakkan genset, sebaiknya berada jauh dari jangkauan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Tempat yang tepat sewaktu meletakkan genset ialah tempat yang terhindar dari panas, banjir serta hujan dan temat yang sirkulasinya baik. Sebab sewaktu genset dinyalakan maka akan menghasilkan gas karbon monoksida yang membahayakan kesehatan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.