5 Penyebab Mengapa Accu Genset Meledak

0

5 Penyebab Mengapa Accu Genset Meledak

5 Penyebab Mengapa Accu Genset Meledak – Pernahkah anda menjumpai peristiwa Accu genset meledak ketika genset dinyalakan ? Apabila belum pernah, maka anda mesti mewaspadainya sebab kejadian Accu meledak sering kali terjadi.

Artikel lain : Genset Green Power Ramah Lingkungan

Berikut ini kami berikan informasi mengenai penyebab mengapa Accu Genset meledak :

1. Connector

Connector cable Accu kurang kencang ataupun longgar sehingga ketika dinyalakan dinamo starter menarik arus yang amat besar. Arus yang sangat besar tersebutlah yang mengakibatkan ledakan. Awalnya ledakan terjadi dimulai dari atas connector yang selanjutnya merembet ke bawah tangki curam Accu. Untuk langkah pencegahannya ialah selalu periksa kekencangan sambungan terhadap connectornya. Kencangkanlah mur serta bautnya jika telah kendur.

2. Dinamo

Penyebab selanjutnya yaitu dinamo starter pada genset terdapat masalah semisal terjadinya Short Circuit di rotornya yang sangat berat diputar sehingga menarik arus yang sangat besar serta berdampak ke Accu hingga meledak. Amatilah suara genset yang anda miliki ketika dinyalakan, apabila terdapat suara semisal “ngek-ngek” ataupun genset susah atau tidak mau menyala, itu menandakan bahwa salah satu penyebabnya bisa karena pada dinamo starter genset yang bermasalah.

3. Maintenance

Accu tidak di maintenance dengan baik serta rutin. Misalnya air Accu berkurang, sudah terdapat tanda-tanda tabung air Accuya membengkak sebab kerap tidak dikontrol airnya. Selalu lakukan kontrol pada permukaan air Accu.

4. ACCU

Sel-sel Accu yang jelek pun dapat menyebabkan Short Circuit di dalam Accu sehingga Accu meledak ketika genset dinyalakan, uruk mengantisipasinya maka gantilah Accu jika umurnya sua melebihi 2 tahun.

5. Charger

Over heating ataupun panas yang berlebih di sel-sel Accu yang diakibatkan charger yang bermasalah pun bisa mengakibatkan Accu panas serta meledak. Matikanlah panel charger Accu ketika malam hari ketika gedung tutup serta nyalakan kembali esok pagi harinya, kecuali jika gedung tersebut beroprasi selama 24 jam.

Intinya, bahwa ledakan tersebut terjadi diakibatkan panas yang terjadi secara tiba-tiba disebabkan aliran listrik yang amat besar dari Accu masuk ke belitan dinamo dan kemudian kembali ke Accu lagi.

Ralali

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda agar lebih memaintenance dan menjaga kondisi genset dan aki genset anda agar tetap dalam keadaan baik, agar tetap aman pada saat digunakan. Untuk melihat beragam produk genset atau generator dengan kualitas terbaik yang ada di Ralali anda bisa cek di >> http://www.ralali.com/machine-tools/generator

Editor : Metha

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar