Begini Cara Dongkrak Mobil Yang Aman

0

Begini cara dongkrak mobil yang aman

Begini Cara Dongkrak Mobil Yang Aman – Sekilas mendongkrak mobil nampak terlihat mudah dan sederhana, padahal kecelakaan ketika mendongkrak mobil pun ada dan kerap terjadi. Kita mesti tahu bagaimana cara mendongkrak mobil dengan benar dan aman supaya potensi terjadinya kecelakaan ketika mendongkrak mobil bisa dihindari.

Baca juga : Kenali 7 Jenis Kunci Stir Mobil Anda

Mendongkrak mobil tak hanya dilakukan ketika melakukan penggantian ban saja, namun ketika melakukan pemeriksaan terhadap bagian bawah mobil pun terkadang mesti didongkrak. Hanya saja, untuk pengecekan mungkin bisa dilakukan di bengkel, tetapi bagaimana untuk mengganti ban yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja? hal tersebut mengharuskan kita untuk mempunyai keterampilan mendongkrak mobil.

Berikut ini kami akan memberikan informasi penting yang mesti anda ketahui serta diterapkan sewaktu mendongkrak mobil :

  • Parkirlah mobil di jalur paling kiri ataupun bahu jalan yang memang disediakan untuk keadaan darurat.
  • Pilihlah lokasi datar serta terlihat oleh pemakai jalan yang lain. Hindarilah tempat jauh, tersembunyi semisal dibalik tikungan ataupun di tanjakan.
  • Pilihlah permukaan jalan yang keras supaya dongkrak tidak akan ambles ketika mendongkrak.
  • Kunci mobil supaya tidak bergerak, untuk jenis mobil matic posisikan pada posisi P serta untuk jenis mobil manual posisikan gigi pada posisi gigi 1, kemudian aktifkan rem parkir ataupun Hand Brake. Ganjal mobil dengan menggunakan balok kayu pada kedua roda yang menjadi tumpuan ketika didongkrak.
  • Keberadaan mobil mesti diketahui oleh pemakai jalan yang lainnya. Hidupkan lampu hazard serta pasang segitiga pengaman dengan mempertimbangkan ruang yang dibutuhkan untuk mendongkrak. Jika posisi yang hendak didongkrak berada sebelah kiri mungkin tidak begitu menjadi masalah jika dibandingkan dengan mendongkrak di sebelah kanan mobil.
  • Untuk mengurangi beban yang didongkrak, seluruh penumpang mesti turun serta pintu bisa dikunci guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.
  • Untuk menghindari terjadinya kerusakan terhadap rangka mobil, pilihlah titik tumpu dongkrak yang keras, datar serta tebal.
  • Dongkrak bertujuan untuk mengangkat beban mobil, jika dongkrak mesti menahan beban yang terlalu lama, maka dikhawatirkan akan terjadi kebocoran ataupun kerusakan terhadap dongkrak.

Ralali
Itu beberapa hal yang harus anda ketahui pada saat sedang mendongkrak mobil anda. Semoga anda bisa lebih hati-hati dan lebih mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga dapat bermanfaat.

 

 

Editor : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar