Perhatikan 2 Faktor Berikut jika Mengganti Ban Mobil

3

 

Tips mengganti ban mobil
Tips mengganti ban mobil – Image: www.carsguide.com.au

Tips mengganti ban mobil –  Setiap benda atau komponen pada kendaraan mempunyai masa pakai sehingga apabila komponen tersebut mulai tidak layak digunakan, maka lebih baik langsung dilakukan pergantian dengan yang baru guna menjaga keamanan serta keselamatan. Tak terkecuali dengan ban kendaraan mobil ataupun motor, dikarenakan pada komponen ini merupakan komponen yang sangat penting, sebab ban merupakan pijakan kendaraan terhadap jalanan. Jika anda hendak mengganti mobil, berikut ini ada beberapa tips mengganti ban mobil.

Baca: Ingin Ban Kendaraan Awet ? Sesuaikan Tekanan Anginnya

Tips mengganti ban mobil

Menurut Manager Technical Service PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban dari GT Radial serta ban IRC yaitu Dwi Triono . Tips mengganti ban mobil yaitu ban baru yang hendak diganti haruslah mempunyai ukuran yang sama dengan ukuran ban sebelumnya agar pada saat dipakai tetap terasa nyaman serta seimbang. Tak hanya itu ia pun menambahkan seharusnya jika hanya mengganti satu buah ban baru lebih baiknya di pasang pada bagian belakang dikarenakan pada bagian ini paling banyak menampung beban atau menopang sedangkan untuk ban belakang yang lama dapat di pindahkan ke bagian depan.

Menurut dia banyak sekali penyebab mengapa ban baru tersebut harus dipasang pada bagian belakang, ia menjelaskan bahwa hal itu dilakukan supaya tetap aman serta apabila mobil tersebut hanya mengalami under stearing, masih dapat dikendalikan, tapi jika ban baru tersebut di pasang di bagian depan maka berpotensi akan mengalami oversteering , dan dampaknya pun sangat fatal sekali jika dipakai di jalur basah. Alasan yang kedua yaitu lantaran ban baru tersebut masih mempunyai daya cengkram ekstra kuat jika dibandingkan dengan ban lama.

Apabila ban baru dipasang pada bagian depan yang dikhawatirkan adalah ketika pada saat melakukan pengereman secara tiba-tiba maka keadaan mobil menjadi tidak lurus ketika berhenti. Disebabkan ban depan mendapatkan dorongan yang amat besar dari belakang, apabila jika meletakkan ban baru pada bagian belakang maka daya cekram terhadap aspal pun dapat semakin sempurna serta lebih aman bagi pengemudi ataupun pengendara lainnya.

Agar ban dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya ketika hendak digunakan selalu cek tekanannya, pastikanlah bahwa tekanan ban tersebut tidak terlalu keras maupun terlalu kempes.

Itulah beberapa tips mengganti ban mobil, semoga tips tersebut bermanfaat bagi Anda yang sering mengendarai mobil.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
3 Komen
  1. asuransi mobil garda oto berkata

    Menarik dan informatif artikelnya …. Terimakasih

  2. Asuransi Mobil Garda Oto berkata

    Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

  3. Asuransi Mobil Garda Oto berkata

    Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.