Simbol Keselamatan Kerja Pekerjaan Konstruksi

0
Simbol Keselamatan Kerja Pekerjaan Konstruksi
Simbol Keselamatan Kerja Pekerjaan Konstruksi

Simbol Keselamatan Kerja Pekerjaan Konstruksi – Pekerjaan konstruksi adalah jenis pekerjaan lapangan yang kerjanya di tempat terbuka. Pekerjaan konstruksi ini melibatkan bahan bangunan, perlengkapan, alat, teknologi serta tenaga kerja yang bisa menjadi sumber utama kecelakaan kerja. Maka dari itu dibutuhkan simbol keselamatan kerja yang mesti terpasang dengan jelas supaya mengingatkan para pekerja terhadap pentingnya menjalankan prosedur kerja yang terkendali serta aman.

Keadaan kerja yang ditemui di pekerjaan bidang konstruksi dipengaruhi keadaan lingkungan serta cuaca. Lingkungan kerjanya antara lain tempat lembab, tempat gelap, di bawah tanah ataupun di bawah genangan air yang sangat rentan terjadinya kecelakaan kerja.

Simbol keselamatan adalah alat komunikasi yang sangat efektif dalam mencegah terjadinya kecelakaan di area kerja. Dengan adanya simbol keselamatan kerja ini, diharapkan bisa meminimalkan terjadinya kecelakaan.

Baca: Memahami Simbol Bahaya Kecelakaan Kerja Konstruksi

Macam Simbol Keselamatan Kerja

Apabila kita memperhatikan simbol utama dari keselamatan kerja, kita bisa mengetahui bahwa gambar tersebut ialah sebuah gambar sebuah roda gerigi serta sebuah palang hijau.

Palang Hijau

Simbol palang hijau sebagai mana dalam Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sesuatu yang berlebih. Warna hijau dalam hal ini berarti sebuah keadaan yang terbaik. Dalam hal ini bisa diartikan bahwa terdapat penaganan yang khusus serta ekstra untuk menjadi kondisi yang terbaik.

Roda Bergerigi

Simbol roda bergerigi menunjukkan sebuah proses yang terus-menerus berlangsung. Roda bergerigi merupakan sebuah Drs penggerak yang memiliki kemampuan dalam menyegerakan bermacam hal, khususnya keadaan dinamis terhadap sebuah kegiatan bekerja. Simbol ini pun memberi arti bahwa terdapat proses produksi ataupun proses kerja yang mesti diberi perhatian yang lebih.

Jual Alat Safety
Jual Alat Safety

Dengan adanya simbol ini, diharapkan terdapat penanganan yang maksimal terhadap seluruh hal yang terkait dengan pengkondisian lingkungan kerja sebagai tempat yang aman serta nyaman. Dengan memperhatikan semua hal yang ada dalam simbol keselamatan kerja tersebut, maka setidaknya kita bisa mengetahuinya yang kemudian menyadari bahwa simbol-simbol keselamatan kerja tersebut merupakan sumber informasi untuk kita dan jangan sesekali menyepelekan seluruh simbol-simbol yang ada yang menginformasikan mengenai keselamatan serta kenyamanan dalam bekerja.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.