5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Juga Mempercantik Hunian

0

Seperti kita ketahui, nyamuk merupakan serangga yang sangat mengganggu karena nyamuk dapat menggigit dan menyedot darah manusia sebagai sumber makanannya.

Bahkan nyamuk tidak hanya menggigit dan menyedot darah manusia karena beberapa jenis nyamuk cukup berbahaya bagi kesehatan manusia seperti nyamuk aedes aygepti yang menyebabkan penyebaran penyakit deman berdarah dan nyamuk malaria yang menyebabkan penyebaran penyakit malaria.

Saat ini banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membasmi dan mencegah nyamuk agar tidak masuk ke dalam rumah seperti misalnya dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah, memasukan serbuk obat anti nyamuk pada sumur anda untuk membunuh jentik-jentik nyamuk, menggunakan obat nyamuk semprot, bakar maupun elektrik saat tidur malam hari, menggunakan aroma-aroma pewangi ruangan anti nyamuk dan salah satu yang cukup efektif adalah dengan menggunakan tanaman pengusir anti nyamuk yang dapat anda tanam di sekitar rumah anda.

Mengapa Menggunakan Tanaman Pengusir Nyamuk?

Jika anda ingin mengusir nyamuk dengan alami dan sehat tanpa memiliki efek samping yang buruk terhadap kesehatan, seperti contohnya obat nyamuk bakar yang mengeluarkan asap sehingga menyebabkan sesak nafas atau obat semprot nyamuk yang memiliki bau menyengat dan tidak baik untuk paru-paru maka anda perlu menggunakan cara lain yang lebih alami yaitu dengan menggunakan tanaman anti nyamuk.

Beberapa tanaman sudah terbukti memiliki khasiat yang ampuh untuk membasmi nyamuk, karena beberapa dari tanaman tersebut mengeluarkan aroma yang tidak di sukai oleh nyamuk sehingga nyamuk tidak akan mendekat ke rumah anda.

Cara ini merupakan cara yang sangat efektif dan sehat serta alami, selain untuk mengusir nyamuk beberapa tanaman pangusir nyamuk dapat di letakkan di ruangan anda menggunakan pot seperti pada ruang tamu maupun ruang kamar tidur untuk menambah keindahan di ruangan anda.

Daftar Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk

Bunga Lavender

Bunga lavender
Source: shutterstock

Bunga lavender memiliki warna yang indah berwarna ungu dan memiliki aroma yang harum, meskipun bunga lavender mempunyai aroma yang harum dan disukai manusia namun justru nyatanya nyamuk tidak menyukai aroma dari wangi bunga lavender ini.

Sejak jaman dahul, lavender dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai ramuan anti septik dan anti jamur. Kandungan linalool dan lynalyl asetat dalam bunga lavender ini mampu mengusir keberadaan nyamuk, karena kedua kandungan zat tersebutlah yang memberikan aroma wangi pada bunga lavender.

Saat ini bunga lavender sudah banyak di gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot hingga lotion anti nyamuk.

Namun jika anda ingin menggunakan cara alami maka cukup tanam bunga lavender di taman maupun pekarangan anda, atau bisa juga dengan menggunakan pot dan kemudian letakkan pot di dekat pintu masuk maupun di dekat jendela untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Pink Rose Geranium

Pink Rose Geranium

Tanaman ini juga di kenal dengan sebutan tapak dara yang sudah cukup terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk karena aroma bunganya yang wangi dan tidak di sukai oleh nyamuk. Kandungan sitronelol dan geraniol dalam tumbuhan ini yang membuat bunga tersebut mengeluarkan wangi yang segar dan bisa menjadikan aromatherapy di dalam ruangan atau di rumah anda sekaligus untuk mengusir nyamuk.

Ukuran tanaman yang mungil yaitu sekitar 20 cm hingga 60 cm saja menjadikan bunga ini mudah untuk di letakkan di manapun seperti di pot kecil di dalam rumah atau bisa di jadikan tanaman hias dengan menggunakan pot gantung agar semakin mempercantik rumah Anda.

Serai Wangi

Serai Wangi

Serai selain di gunakan untuk memasak atau menjadi pelengkap bumbu masakan juga ternyata dapat di gunakan untuk mengusir nyamuk. Kandungan zat geraniol dan sitronelol yang terdapat di dalam serai yang memberikan aroma wangi pada serai dapat membunuh dan membasmi nyamuk dengan efektif.

Serai dapat tumbuh di cuaca apapun dan kontur tanah apapun, sehingga tidak perlu mendapatkan perlakuan khusus Karena serai dapat tumbuh di manapun.

Namun karena serai memiliki bentuk yang seperti rumput alang-alang yang besar sehingga tidak cocok untuk di letakkan di dalam pot maupun di rumah anda, sehingga untuk menyiasatinya anda cukup menanamnya di sekitar rumah anda di dekat pintu, jendela mupun di sudut-sudut pekarangan rumah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Rosemary

Rosemary

Tanaman rosemary ini banyak digunakan di luar negri sebagai pelengkap bumbu masakan karena memang baunya yang khas dan segar. Namun di samping dapat digunakan sebagai bumbu masakan ternyata rosemary dapat di gunakan sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman rosemary ini mempunyai bentuk yang kecil yaitu sekitar 80 hinga 100 cm saja maka dari itu cocok untuk di letakkan di dalam rumah menggunakan pot, atau bisa juga di letakkan di luar rumah dengan menggunakan pot atau tanpa menggunakan pot.

Tanaman ini juga terkenal mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi terhadap sinar matahari serta tahan terhadap hama. Anda juga dapat menggunakannya dengan mengoleskan daun rosmary ini ke kulit anda untuk mencegah nyamuk agar tidak menggigit.

Zodia

Zodia

Zodia merupakan tanaman asli papua dan awalnya hanya tumbuh di daerah papua, warga papua menggunakan daun zodia ini untuk diusapkan ke seluruh tubuh mereka sebelum memasuki hutan agar terhindar dari gigitan nyamuk. Namun saat ini tumbuhan zodia sudah banyak di budi dayakan di seluruh daerah karena tanaman ini mempunyai manfaat untuk mencegah nyamuk dan mengobati bekas gigitan nyamuk.

Kandungan evodiamine dan rutaecarpine pada daun zodia ini berfungsi untuk mengeluarkan aroma yang tidak di sukai oleh nyamuk, selain itu daun zodia juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit malaria.

Tinggi pohon zodia sekitar 0,3 meter hingga 2 meter sehingga tidak cocok untuk di letakkan di dalam rumah, lebih cocok jika anda tanam di pekarangan maupuh halaman depan rumah untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Manfaat Menggunakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dengan menanam tanaman pengusir nyamuk antara lain sebagai berikut.

  • Sebagai pengusir nyamuk alami yang tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh dan justru untuk beberapa jenis tumbuhan memiliki aroma yang harum dan menenangkan.
  • Sebagai tanaman hias karena beberapa tanaman pengusir nyamuk mempunyai warna bunga yang indah dan aroma yang harum
  • Sebagai pelengkap bumbu masakan, karena seperti kita keahui serai dan rosemary dapat dijadikan bumbu masakan sehingga masakan anda semakin enak dan lezat.

Demikianlah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat anda tanam di rumah Anda, pastikan jika menanam tanaman pengusir nyamuk sesuaikan dengan kondisi rumah dan kondisi lahan yang tersedia di rumah agar tidak mengganggu pemandangan dan mengganggu nilai estetika sehingga rumah Anda akan tetap terlihat indah dengan adanya tanaman pengusir nyamuk ini.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar