Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

3 Hal Ini Membuktikan Kalau Teknologi GPS tidak Boleh di ‘Sepelekan’

0

3 Hal Ini Membuktikan Kalau Teknologi GPS tidak Boleh di Sepelekan

Tidak bisa dipungkiri, Global Positioning System atau GPS merupakan salah satu teknologi yang sangat berpengaruh. Suatu pekerjaan, masalah, dan suatu bisnis pun bisa berjalan dengan baik dengan bantuan alat menggunakan satelit ini.

Dengan menggunakan GPS Anda bisa mengetahui keberadaan seseorang, dan juga mengetahui rute perjalanan menuju tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Namun tidak semua orang bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Mungkin sebagian dari Anda juga merasa bahwa teknologi ini biasa saja.

Tapi tahukah Anda, GPS bisa menjadi teknologi yang sangat berguna jika digunakan untuk 3 hal berikut :

GPS di Gunakan pada Hewan Penyelamat, Hewan Liar, dan Hewan Peliharaan

Gonta Anjing Penyelamat Menggunakan GPS
Gonta anjing penyelamat via Liputan6.com

Di Jepang ada seekor anjing bernama Gonta, dia merupakan salah satu hewan penyelamat yang dipasang ransel berisi GPS dan live video pada tubuhnya. Gonta 10 tahun membantu mencari korban yang selamat usai gempa besar 9 skala richter dan tsunami pada 11 Maret 2011 lalu yang terjadi di Jepang.

Serigala liar dipasangkan GPS Tracking
GPS tracking hewan liar via scientificamerican.com

Selama bertahun-tahun para peneliti juga memasang GPS pada serigala liar untuk mengetahui keberadaan mereka. Akhir-akhir ini setelah teknologi semakin berkembang, para ilmuan dari UC Santa Cruz mengembangkan GPS dengan fitur yang lebih canggih.

Baca juga: Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan GPS ?

Tidak hanya bisa melacak keberadaan serigala tersebut, GPS yang mereka sebut dengan Beyond GPS ini juga bisa mengetahui apakah serigala membakar kalori lebih banyak atau istirahat lebih lama pada suatu hari. Sehingga para ilmuan bisa mengetahui serigala dalam keadaan sehat atau sakit.

Hewan peliharaan dipasangi GPS
Hewan peliharaan dipasangi GPS via kompas.com

Dilansir dari laman kompas, di Indonesia sendiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mewajibkan pemasangan GPS pada hewan peliharaan khususnya anjing dan kucing yang dimiliki para penduduk Jakarta.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya hewan peliharaan yang dicuri atau hilang, sehingga pemilik bisa mengetahui keberadaan hewan tersebut. Selain itu, dengan pemasangan GPS dengan teknologi microchip ini bisa membantu pemiliknya dalam mengetahui jadwal perawatan hewan kesayangannya. Teknologi terbaru komputer mini: jual raspberry pi 3 harga grosir langsung dari distributor indonesia

GPS untuk Memantau Keberadaan Orang-Orang yang Anda Sayangi

GPS dipasang pada lansia
Old man walking via metro.co.uk

Salah satu perusahaan Jepang menciptakan sebuah sepatu yang dirancang khusus dengan GPS untuk membantu menemukan orang tua yang menderita demensia. Jika ada kejadian mereka tersesat pada suatu tempat dan tidak mengetahui jalan pulang, maka dengan sepatu ini Anda akan mudah menemukan mereka.

Sepatu ini diberi nama “GPS Dokodemo Shoes”, dipasang pada telapak sepatu kiri yang dihubungkan langsung melalui smartphone dan PC untuk mengetahui langsung keberadaan mereka.

Bahkan pemerintah Indonesia pernah memanfaatkan GPS untuk dipasang pada jemaah haji yang sudah lanjut usia. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi berpisahnya lansia dari rombongan jemaah yang mereka ikuti.

Gps dipasang pada Anak kecil
Raising low tech kids in Silicon Valley via huffingtonpost.com

Ada juga sebuah aplikasi smartphone yang dirancang khusus untuk memantau keberadaan anak-anak yang juga menggunakan teknologi GPS. Salah satu aplikasi ini adalah AngelSense.

Dipastikan dengan adanya aplikasi ini orang tua tidak akan khawatir lagi mengetahui keberadaan anaknya. GPS yang dipasang pada saku celana anak ini dihubungkan langsung dengan aplikasi smartphone.

Orang tua juga bisa melihat apakah anak mereka datang ke sekolah tepat waktu, bermain di tempat yang biasa atau malah berada di tempat yang tidak diinginkan. Bahkan dengan aplikasi ini polisi bisa melacak keberadaan anak yang diculik.

Barang Berharga yang Anda Miliki Akan Lebih Aman Dengan GPS

GPS dipasang pada barang berharga
GPS Navigasi via mp.blogs.com

Anda pasti memiliki barang-barang berharga seperti kendaraan roda dua atau roda empat serta yang lainnya. Tentunya Anda tidak menginginkan jika barang-barang berharga ini hilang begitu saja.

Biasanya GPS yang terpasang pada kendaraan adalah GPS navigasi yang digunakan untuk menunjukan arah atau jalan yang tidak Anda ketahui.

Selain pemasangan GPS navigasi, akan lebih lengkap jika Anda juga memasangkan GPS Tracking pada barang berharga atau kendaraan Anda. Hal ini dimungkinkan untuk menemukan kembali kendaraan yang hilang.

Baca : Fungsi GPS Navigasi dan GPS Tracker

Manfaat penggunaan GPS akan terasa jika barang berharga Anda dirampas atau dicuri orang. Seperti dilansir okezone, dari hasil pemantauan GPS, petugas TMC Polda Metro Jaya berhasil menemukan titik koordinat mobil Avanza yang hilang di Perumahan Kemang Pratama V, Bekasi, Jawa Barat.

Manfaatkan teknologi GPS semaksimal mungkin untuk memudahkan aktivitas Anda, melindungi barang berharga, dan memantau hewan peliharaan serta orang-orang yang Anda sayangi.

GPS Navigasi & GPS Tracker
Beli GPS Disini

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.