Tips Memasak ala Chef Profesional yang Bisa diterapkan Untuk Bisnis Anda

0

Punya hobi memasak? Atau banyak yang bilang masakan kamu enak? Wah, mungkin ini saatnya kamu menuangkan hobi masak kamu menjadi sebuah bisnis.

Namun sebelum mengubah passion menjadi bisnis, tidak ada salahnya kamu mengetahui lebih dalam lagi seputar dunia memasak. Karena memasak bukan hanya sekedar memotong atau membersihkan tapi juga faktor penempatan bumbu yang pas, bahan baku, dan metode memasak. Inilah yang menjadi hal penentu keberhasilan dalam bisnis yang akan kamu jalani.

Nah, berikut adalah beberapa tips dalam dunia memasak ala chef profesional, yang bisa kamu jadikan solusi atau pilihan baru dalam metode memasak untuk bisnis Anda.

 

Menumis sayuran dengan cara yang tepat

tips memasak

Umumnya metode menumis sayuran yang kerap dilakukan banyak orang adalah dengan menumis-nya satu persatu. Mulai dari bawang putih, bawang merah, irisan cabai, kemudian bahan tambahan lainnya dan yang terakhir adalah sayuran itu sendiri.

Cara seperti ini boleh saja dilakukan, namun ada baiknya Anda mencoba metode memasak terbaru ala jawara MasterChef Junior Indonesia 2014, Afaf.   

Afaf menuturkan jika ingin memberikan citarasa yang berbeda pada olahan makanan Anda, tumislah seluruh bahan secara bersamaan. Dengan begitu aroma bumbu, dan sayur akan menjadi suatu ikatan yang membuat sayuran menjadi lebih sedap saat disantap.

 

Menghilangkan amis pada seafood

Seafood selalu memiliki tempat di hati penggemarnya, meskipun ada bau khas yang sering tercium ketika bahan makanan asal laut ini selesai diolah maupun usai disantap.

Nah, kerap kali untuk menghilangkan bau tidak sedap pada seafood kebanyakan orang menggunakan lemon dan garam. Meskipun begitu tetap saja ada bau amis yang terasa ketika makanan usai disantap.

tips memasak

Untuk menyiasati hal ini Anda bisa menggunakan tips jitu ala Desi Trisnawati, yang merupakan juara MasterChef Indonesia Season 2. Wanita ini mengungkapkan susu sangat efektif untuk menghilangkan bau amis pada seafood.

Caranya pun sangat mudah cukup rendam udang dengan susu sekitar 15-30 menit, namun jangan lebih dari itu karena lemak dan asam dalam susu akan mulai merusak protein dalam udang. Setelah itu buang susu dari mangkuk. Cuci udang dengan air hangat dan masak sesuai selera.

 

Menghilangkan rasa pedas pada cabai dan air pada timun

Menggunakan cabai pada olahan makanan, tentunya akan memberikan rasa pedas yang dapat menambah selera makan, dan tentunya dapat menambah warna pada sajian Anda.

Namun seperti yang kita tahu tidak semua orang menyukai rasa pedas, so apakah mungkin menghilangkan pedas meskipun ingin menggunakan cabai? tentu saja bisa.

tips memasakCaranya sederhana banget, gunakan dua tangan Anda untuk memutar cabainya. Putar dengan kencang tapi jangan terlalu ditekan. Setelah selesai belah cabai menjadi dua bagian, dan otomatis biji cabai akan terlepas dari kulitnya.

Hal kedua yang perlu diketahui juga adalah bagaimana mengolah timun dengan benar. Bahan ini sering diolah menjadi olahan minuman dan makanan, salah satunya untuk salad. Menjadikan ketimun sebagai bahan salad dapat memberikan sedikit  air dan inilah tipsnya.

Bagi timun menjadi dua bagian, lalu kerok dengan sendok makan. Dalam membuat salad, kulit timun bisa digunakan atau tidak semua bergantung Anda.

tips memasakOh, iya serutan timun juga bisa diolah menjadi minuman segar loh. Cukup tambahkan gula cari, es batu dan soda. Menarik ya.

Nah itu dia tips – tips ala chef profesional yang bisa kamu bisa praktekan dalam bisnis Anda. Kalau kalian punya trik jitu lainnya silahkan share ya

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.