Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Menggunakan Multimeter

0

Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Menggunakan Multimeter – Apabila mobil tidak dapat distarter, lampu sama sekali tidak menyala ataupun redup, berarti anda mesti melakukan pemeriksaan pada aki mobil. Untuk memeriksa serta menguji bermacam komponen listrik termasuk aki, anda bisa memakai alat multimeter.

Yang dimaksud multimeter yaitu alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur besarnya besaran listrik yang terdapat pada suatu rangkaian entah itu tegangan, arus ataupun nilai hambatan atau tahanan.

Baca: Cara Mengukur Kapasitor dengan Multimeter

Multimeter mudah dipakai dan sangat direkomendasikan untuk memilikinya guna memeriksa aki mobil dan bermacam peralatan elektronik lainnya. Berikut ini merupakan cara memeriksa aki mobil memakai multimeter

Cara menggunakan Multimeter untuk memeriksa aki mobil

Langkah pertama yaitu buka kap mobil serta temukan posisi aki. Carilah bagian terminal positif (+) aki, kemudian lepaskanlah pelindung terminal positif tersebut.

Hubungkan kabel positif multimeter ke bagian terminal positif aki mobil. Kabel positif pada multimeter berwarna merah.

Hubungkan kabel negatif multimeter ke bagian terminal negatif aki mobil. Kabel negatif pada multimeter berwarna hitam.

Apabila aki mobil berfungsi dengan baik, maka pada meteran multimeter menunjukkan angka antara 12,5 hingga 12,8 volt.

Apabila pada meteran multimeter menunjukkan angka kurang dari 12,5 volt maka aki mobil harus di charge.

Memeriksa Aki Mobil Menggunakan Multimeter Setelah Mobil Dihidupkan

Pengukuran mesti dilakukan ketika mesin mobil sudah dihidupkan. Langkah pertama hubungkan kabel positif multimeter ke terminal aki serta kabel negatif multimeter ke terminal negatif aki.

Periksa hasil dari pengukuran, apakah tegangan menunjukkan angka 13,5 hingga 14,5 volt atau lebih. Apabila tegangan menunjukkan angka kurang dari 13,5 volt, hal tersebut menunjukkan bahwa alternator tidak cukup memproduksi arus untuk mengisi aki. Pergilah ke bengkel untuk memeriksa kelayakan alternator mobil anda.

Jika alternator mobil rusak maka kinerja kelistrikan pada mobil hanya dibebankan terhadap aki saja. Secara otomatis tenaga ataupun voltase listrik pun akan berkurang tanpa adanya tenaga yang dikembalikan (Charge). Aki akan soak, mesin tidak bisa dinyalakan dan kalau aki di Service pun tidak mampu bertahan lama. Dipastikan anda mesti melakukan perbaikan terhadap alternator atau mengganti dengan alternator yang baru.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.