Cara Mengukur Kapasitor dengan Multimeter

0

Cara Mengukur Kapasitor dengan Multimeter

Cara Mengukur Kapasitor dengan Multimeter – Kapasitor merupakan komponen elektronika yang bisa menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara. Untuk mengetahui atau mengukur nilai Kapasitor (Kondensator), diperlukan sebuah alat ukur bernama Capacitance Meter (Kapasitansi Meter). Alat ini merupakan alat ukur yang khusus hanya untuk mengukur nilai Kapasitansi sebuah Kapasitor. Tidak hanya Capacitance Meter saja, namun ada pula alat ukur gabungan yang bisa mengukur bermacam-macam komponen elektronika, yaitu LCR Meter serta Multimeter.

LCR Meter ialah alat ukur yang bisa mengukur nilai L (Induktansi atau Inductance, untuk mengukur induktor ataupun coil), C (Kapasitansi aatu Capacitance, ialah untuk mengukur kapasitor ataupun kondensator) dan R (Resistansi atau Resistance, ialah untuk mengukur hambatan ataupun resistor).

Baca: Cara Mengukur Relay Menggunakan Multimeter

Multimeter ialah alat ukur gabungan yang bisa mengukur Arus, Tegangan, Hambatan atau Resistansi serta mengukur bermacam-macam komponen elektronika semisal dioda, kapasitor, transistor serta resistor.

Sekarang ini, banyak sekali jenis Multimeter Digital yang  berfungsi untuk mengukur nilai Kapasitor sehingga Anda tak perlu lagi membeli alat khusus untuk mengukur suatu nilai kapasitansi kapasitor. Multimeter sebagai alat ukur gabungan tentunya mempunyai batas tertentu dalam mengukur kapasitansi suatu kapasitor. Kapasitor yang  berkapasitansi besar terutama kapasitor elektrolit (ELCO) tak seluruhnya bisa diukur nilainya oleh sebuah Multimeter Digital.

Untuk menguji atau mengetahui apakah Komponen Kapasitor bisa berfungsi dengan baik, kita pun bisa memakai multimeter analog berskala resistansi (Ohm). Multimeter analog tak bisa mengetahui secara pasti nilai kapasitansi suatu kapasitor, namun cukup bermanfaat untuk mengetahui apakah kapasitor tersebut dalam keadaan baik atau rusak semisal bocor maupun Short (hubungan pendek).

Menguji Kapasitor dengan multimeter analog

Berikut ini merupakan cara menguji kapasitor elektrolit atau ELCO menggunakan multimeter analog.

  • Aturlah posisi skala selektor ke Ohm (Ω) dengan skala x1K.
  • Hubungkanlah probe Positif (merah) ke kaki kapasitor positif.
  • Hubungkan probe negatif (hitam) ke kaki kapasitor negatif.
  • Periksalah jarum yang terdapat pada display multimeter analog,
  • Kapasitor yang baik : Jarum akan bergerak naik dan kemudian kembali lagi.
  • Kapasitor yang rusak : Jarum akan bergerak naik namun tak akan kembali lagi.
  • Kapasitor yang rusak : Jarum tidak akan naik sama sekali.

Mengukur Kapasitor menggunakan Multimeter Digital.

Untuk cara mengukur kapasitor menggunakan multimeter digital yang mempunya fungsi kapasitansi meter, caranya cukup mudah yaitu:

  • Aturlah posisi skala selektor ke tanda ataupun simbol kapasitor.
  • Hubungkan probe ke terminal kapasitor.
  • Baca nilai kapasitansi kapasitor tersebut.

Hal yang mesti diingat, cara di atas hanya bisa dipergunakan pada Multimeter Digital yang mempunyai kemampuan untuk mengukur kapasitansi.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda membutuhkan alat ukur khusus untuk mengukur nilai kapasitansi sebuah Kapasitor semisal LCR meter serta Capacitance Meter. Untuk cara pengukurannya pun hampir sama dengan cara menggunakan Multimeter Digital, hanya saja LCR meter serta Capacitance Meter ini, Anda mesti menentukan nilai Kapasitansi yang terdekat dengan kapasitor yang akan diukur dengan cara mengatur sakelar selektor LCR meter serta kapasitansi meter.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.