Sudah Sesuai Kah Perkakas Tangan Anda ?

0

Sudah Sesuai Kah Perkakas Tangan Anda ?

Sudah Sesuai Kah Perkakas Tangan Anda ? – Perkakas tangan adalah alat bantu yang dipakai untuk melakukan pekerjaan entah itu manual ataupun yang memakai listrik sebagai energinya. Karena fungsinya yang amat membantu pekerjaan, hampir setiap mekanik sangat bergantung pada peralatan ini di dalam menyelesaikan pekerjaannya

Seiring dengan berkembangnya teknologi, perkakas tangan pun hadir dalam bermacam bentuk serta fungsi yang amat variatif dan fungsinya pun kian canggih. Kecelakaan tidak Hana bisa terjadi karena benda berat saja, akan tetapi perkakas tangan pun bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca: Mengenal Fungsi Alat Keselamatan Kerja Lebih Dalam

Lantas apa yang mesti dilakukan supaya kecelakaan yang berhubungan dengan perkakas  tak akan terjadi ?

Guna menghindari terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh pemakaian perkakas tangan, maka mesti memperhatikan hal berikut ini.

Perkakas tangan mesti sesuai dengan fungsinya

Jangan sesekali mencoba ataupun membiarkan pekerja memakai perkakas tangan yang tak sesuai dengan fungsinya, misalnya karena tidak adanya palu, biasanya para pekerja akan memakai peralatan yang ada guna memukul sesuatu, memakai gerinda potong guna menghaluskan dan yang lainnya.

Kondisi Perkakas tangan layak Kondisinya

Kerap kita menjumpai palu yang dipakai oleh pekerja yang dimodifikasi pegangannya memakai besi, dengan dalih supaya tak mudah patah. Keadaan lain yang kerap terjadi ialah palu sudah membentuk seperti jamur di bagian kepalanya. Tentunya hal ini sangatlah membahayakan pekerja sebab lentingan pecahan palu akibat benturan dengan besi yang dipukul bisa menembus badannya. Peristiwa lentingan serpihan palu sudah pernah terjadi dan menyebabkan si pekerja meninggal sebab serpihannya tembus hingga ke jantung pekerja.

Apabila perkakas tangan memakai listrik maka perlu dicek secara berkala terhadap keadaan perkakas tangan, jangan sampai terdapat bagian-bagian yang terkelupas sehingga tidak akan membahayakan penggunanya.

Terdapat pelindung di perkakas yang mempunyai bagian berputar

Pelindung terhadap mesin yang berputar sangatlah penting dan mesti ada, guna meminimalkan terjadinya kecelakaan. Pemasangan pelindung serta perisai pun berguna untuk menahan supaya serpihan dari sisa proses pekerjaan tidak mengenai pekerja.

Cara di atas adalah cara yang bisa dilakukan guna memastikan bahwa perkakas tangan sudah aman serta sudah sesuai dipergunakan atau belum supaya kecelakaan bisa terhindari.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.