Cara Merawat Mata Bor Agar Lebih Tahan Lama

0

Cara Merawat Mata Bor Agar Lebih Tahan Lama

Cara merawat mata bor agar lebih tahan lama – Merawat mata bor sangatlah penting untuk dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan dan bisa dipakai dengan normal ketika dibutuhkan, sebab apabila mata bor rusak serta tidak lagi tajam akan mempengaruhi kecepatan bor tersebut dalam mengebor objek yang diinginkan, dengan kata lain anda akan menghabiskan waktu lebih banyak.

Baca: Taukah Anda Cara Mengebor Yang Benar? Inilah Caranya

Berikut ini ada beberapa tips untuk pemula mengenai cara merawat mata bor agar lebih tahan lama.

Cara merawat mata bor agar lebih tahan lama

Putaran Mesin (RPM)

Semakian besar diameter mata bor yang dipakai maka akan semakin lambat pula putarannya, begitupun sebaliknya apabila semakin kecil diameter mata bor maka akan semakin cepat putarannya. Dengan demikian anda mesti memilih mata bor yang sesuai ketika hendak melubangi objek dengan cara memilih mata bor yang bisa disesuaikan ketebalannya terhadap material objek yang hendak dilubangi.

Material yang di Bor

Kita harus mengerti objek apa yang hendak kita lubangi dengan mesin bor, sebab semakin keras bahan objek tersebut maka akan semakin lambat putaran mesin tersebut. Misalnya hendak mengebor kayu dengan mata bor 5mm, maka kita pakai 800-1000RPM sebab kayu termasuk material yang mudah dilubangi, akan tetapi apabila yang hendak dibor adalah Stainless Steel serta mengebor dengan kecepatan 800-100RPM mungkin akan mengeluarkan api yang bisa membahayakan diri anda.

Pengasahan atau Penggerindaan

Mengasah mata bordengan cara yang tidak benar akan menimbulkan kerusakan yang ditimbulkan seperti akan terasa cepat tumpul, bahannya terasa keras, lubang yang dihasilkan tidak bagus, akan cepat panas dan yang lainnya. Periksalah kembali apakah hasil pengasahan sudah benar atau belum.

Pendinginan

Jangan menyepelekan pendinginan terhadap mata bor sebab akan menjadikan mata bor tidak bisa bertahan lama, untuk pekerjaan yang lumayan banyak mata bor pun membutuhkan proses pendinginan. Pada setiap material mempunyai pendinginan yang berbeda-beda.

Itulah beberapa cara merawat mata bor agar lebih tahan lama yang bisa kami berikan supaya mata bor yang anda miliki bisa tetap awet serta tidak mudah tumpul ataupun rusak dan tentunya akan membuat anda hemat sebab perlengkapan yang anda miliki bisa bertahan lama.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.