Komponen-komponen Panel Listrik Beserta Fungsinya

0

Komponen-komponen Panel Listrik Beserta Fungsinya

Komponen-komponen Panel Listrik Beserta Fungsinya – Electrical Switchboard atau biasa disebut dengan panel listrik terbentuk berdasarkan susunan komponen listrik yang sengaja disusun dalam sebuah papan Control, sehingga bisa memudahkan penggunanya.

Untuk lebih mengenal fungsi panel listrik maka terlebih dahulu mengenal komponen-komponennya serta mesti memahami fungsi setiap bagian-bagian listrik tersebut dan berikut ini jumlah komponen listrik beserta dengan fungsinya yang mesti Anda ketahui.

Baca: Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik

MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Board. Komponen ini berfungsi sebagai switch pembatas arus yang disebabkan karena naiknya daya atau tegangan yang melampaui batas. Komponen ini umumnya terbatas pada arus kecil hingga kurang dari 100 Amper. Bentuk MCB beragam, dari satu hingga empat pole.

MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker, komponen ini merupakan pembatas arus jika ada arus beban yang melampaui batas-batasnya. Komponen ini digunakan hampir sama seperti MCB, namun pada MCCB arus bebannya lebih besar dari MCB yaitu lebih 100 Amper hingga 1600 Amper.

GFCI atau Ground Foult Circuit Interruption. Komponen ini semacam Circuit Breaker yang beraksi lebih cepat dari MCB. GFCI akan mengawasi listrik lebih rinci serta apabila ada kabel yang terkelupas dan kabel tersebut mengenai manusia, maka tidak akan menyebabkan kematian.

Fungsi dari komponen ini sebagai pengaman listrik. Dengan adanya Grounding maka aliran arus listrik yang liar ataupun yang tidak berfungsi akan diamankan.

Kabel dalam panel listrik bervariasi, setiap warnanya mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan pada setiap negara pun warna serta fungsinya berbeda-beda. Berikut ini merupakan warna serta fungsi kabel menurut standar SNI maupun standar IEC.

  • Kabel merah, kabel ini berfungsi untuk fase.
  • Kabel biru muda atau biru laut, kabel ini berfungsi untuk netral.
  • Kabel kuning – hijau, kabel ini berfungsi untuk ground.

CT adalah suatu komponen panel listrik berbahan baja atau metal, komponen ini berbentuk lingkaran atau gelang persegi yang pada bagian tengahnya berlubang. Komponen ini berfungsi sebagai penurun arus atau penurun tegangan pada Box panel.

Surge Arrest: Komponen ini berfungsi sebagai pengaman listrik dari kejutan yang berlebihan, misalnya kejadian aliran listrik menjadi lebih tinggi secara tiba-tiba yang diakibatkan karena penambahan energi potensial.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.