5 Langkah untuk Mencapai Kemerdekaan Finansial di Tahun 2018

Financial Freedom bisa Anda capai dengan 5 langkah berikut...

0

Indonesia sudah 72 tahun merayakan kemerdekaan terhadap para penjajah. Namun apakah seluruh masyarakat Indonesia sudah mencapai kemerdekaan finansial?

Apa itu kemerdekaan finansial?

Kemerdekaan finansial adalah kondisi seseorang yang tidak terhalangi oleh hal-hal yang ingin Ia capai. Jika Anda masih pusing untuk membayar cicilan ini itu, berarti Anda belum merdeka dalam hal finansial. Namun jika sebaliknya berarti Anda sudah merdeka dalam hal finansial.

Nah, bagi Anda yang masih belum dapat mencapai kemerdekaan finansial, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini agar Anda dapat mencapai kemerdekaan finansial tersebut.

1.   Atur Keuangan

Mengatur keuangan adalah langkah pertama untuk mencapai kebebasan finansial. Setelah Anda mendapatkan penghasilan setiap bulan, jangan lupa untuk mengatur penghasilan. Tentukan proporsi untuk investasi dan berbelanja. Jika penghasilan Anda setiap bulan hanya digunakan untuk belanja kebutuhan saja tanpa adanya investasi, maka tidak akan memiliki persiapan untuk masa depan.

2.   Melunasi Hutang 

Banyak orang Indonesia yang menggunakan fasilitas kredit untuk membeli barang, sehingga mereka memiliki tanggungan untuk membayar cicilan setiap bulannya. Sebaiknya pakailah fasilitas kredit tersebut untuk hal yang produktif bukan untuk konsumtif. Cobalah untuk melunasi tagihan kartu kredit tepat waktu untuk mencegah timbulnya bunga dari hutang Anda. Tidak lupa juga untuk tanamkan dalam diri Anda bahwa kartu kredit bukan tambahan dana tunai melainkan sebagai beban hutang untuk Anda.

3.   Mengantisipasi Resiko

Sebelum Anda melakukan investasi, pastikan Anda memiliki proteksi berupa asuransi baik jiwa maupun kesehatan. Karena seluruh hasil investasi akan sia-sia jika Anda tidak memiliki proteksi diri. Tidak hanya proteksi diri namun segala aset yang menurut Anda sangat berharga, sebaiknya diasuransikan juga. Hal ini bertujuan agar seluruh aset yang Anda miliki tidak hangus sia-sia karena resiko yang terjadi.

4.   Persiapkan Dana Darurat

Ketika Anda mendapatkan penghasilan setiap bulan, pastikan Anda tabung untuk persiapan di masa depan. Dana darurat ini dipersiapkan untuk hal-hal yang tidak terduga ataupun mendesak untuk dipenuhi. Sebaiknya Anda memiliki dana darurat minimal 3 kali dari pengeluaran Anda selama sebulan. Untuk penempatan komposisi dananya yaitu 1 kali pengeluaran selama sebulan di tabungan dan 2 kali pengeluaran selama sebulan di deposito. Namun Anda juga bisa menginvestasikan dana darurat Anda pada reksa dana yang dapat memberikan hasil yang lebih tinggi dari tabungan di bank.

5.   Berinvestasi

Investasi tidak hanya untuk yang sudah memiliki banyak uang. Namun tujuan investasi adalah agar aset yang Anda miliki dapat berkembang bukan berkurang. Perhatikan imbalan yang dari hasil yang ditawarkan oleh produk-produk investasi, jangan sampai di bawah inflasi. Banyak sekali produk investasi seperti tabungan, deposito, dan reksa dana. Jika Anda sudah memiliki pengetahuan finansial yang cukup, maka Anda bisa melakukan sendiri pemilihan jenis investasinya. Namun jika Anda masih ragu terhadap kemampuan dan pengetahuan Anda terhadap produk investasi, Anda juga dapat menggunakan jasa perencanaan keungan untuk membantu dalam memilih produk investasi yang sesuai dengan Anda.

Bagaimana, Ingin medeka secara finansial? Silakan tentukan tujuan finansial Anda sekarang dan kami berharap dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat memiliki kemerdekaan secara finansial. Silakan mencoba dan ayo kita perjuangkan kemerdekaan finansial dalam hidup kita!

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.